N3 Payakumbuh - Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) bersama BNN Kota Payakumbuh mengadakan kegiatan Pembentukan Pola Asuh Usia Dini dalam upaya pencegahan bahaya IMS, HIV/AIDS dan Narkoba Kepada ibu-ibu PKK sekelurahan Padang Alai Bodi. Kamis(19/10).

Kegiatan yang bertempat di aula kantor lurah Kelurahan Padang Alai Bodi ini diikuti oleh 40 orang Ibu-Ibu PKK yang sekaligus merupakan Kegiatan sosialisasi ketiga setelah RT/RW dan Karang Taruna Kelurahan Padang Alai Bodi sebelumnya juga telah mengikuti acara yang diselenggarakan KPA yang bekerjasama dengan BNN dan Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh.

Acara ini bertujuan untuk meminimalisir Penularan HIV/AIDS dan Penyalahgunaan Narkoba di lingkungan masyarakat, khususnya di Kelurahan Padang Alai Bodi.

Narasumber dalam acara ini dr. Nella Fatma dari Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh dan Denni Ashar S.I Kom dari BNN Kota Payakumbuh.

Fahman Rizal, Sekretaris KPA Kota Payakumbuh mengatakan mengingat temuan kasus setiap tahun di Kota Payakumbuh terjadi peningkatan, untuk itu pemerintah melalui KPA dan Dinas Kesehatan mengharapkan supaya masyarakat lebih waspada terhadap permasalahan HIV/AIDS.

"Virus ini belum ada obatnya, 68 orang penderita HIV/AIDS tercatat secara kumulatif dari 2004 hingga September 2017, 24 orang diantaranya meninggal dunia, sekali terjangkit tidak akan bisa lepas dari cengkraman HIV/AIDS" ungkap Fahman.

Sementara itu, dari pihak BNN juga menyebutkan angka penyalahgunaan narkoba dilingkungan masyarakat masih tinggi. "Kita ingin masyarakat bergerak dimulai dari lingkungan keluarga untuk mencegah penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba," ujar Indra Yulita S.Pi, Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan BNN Kota Payakumbuh.

Lurah Padang Alai Bodi, Arman sangat mengapresiasi acara ini. "Kita berterimakasih kepada KPA Kota Payakumbuh, Dinas Kesehatan, dan BNN Kota Payakumbuh atas terlaksananya acara ketiga di kelurahan kami, semoga dengan ini masyarakat lebih mengerti tentang bahaya Penyebaran HIV/AIDS dan juga Bahaya Narkoba" ungkapnya.(Fajar Sitepu)
 
Top