N3 Payakumbuh - Niat Pemerintah Kota Payakumbuh menjadikan Kota Internet mulai tampak. Sebelumnya Pemerintah Kota melalui Dinas Kominfo memasang kamera pengawas lalu lintas atau CCTV dan memparalelkan ke Dinas Perhubungan dan Satlantas Polres Payakumbuh, saat ini Dinas Kominfo kembali memasang jaringan internet di setiap kelurahan dan OPD yang ada di Payakumbuh.

Menurut Armein Busra Kabid e-Government yang didampingi oleh Rafles Susandi Kasi Aplikasi dan Pemberdayaan Informatika Dinas Kominfo Payakumbuh, saat ini jaringan internet telah terpasang di seluruh kelurahan sebanyak 48 Kelurahan dan 30 OPD yang ada di Payakumbuh. Namun, kapasitas kecepatan jaringan tersebut belum dibatasi sebab, selama 2 bulan jaringan internet tersebut masih dalam uji coba.

"Dalam dua bulan ini, kita masih melakukan uji coba. Untuk Akses internet kelurahan ini, ada beberapa situs yang tidak bisa di akses," ucap Rafles, Selasa, (10/10).

Situs yang tidak bisa di akses, Rafles menjelaskan dimulai dari pukul 07.00 Wib sampai pukul 12.00 wib yaitu media sosial seperti Facebook, Youtube dan lainnya. Sehingga menjelang pukul 12 Siang tersebut, seluruh pegawai hanya fokus pada pekerjaan.

Dari pukul 08.00 sampai pukul 12.00 tersebut, pegawai hanya dapat mengakses internet pemerintahan. Baik website pemerintahan pusat maupun website pemerintahan daerah.

"Keuntungan internet untuk kelurahan ini yaitu akses internet menjadi terpusat sehingga bisa mengontrol kebutuhan internet di setiap kelurahan dan OPD," Lanjut Rafles.

Rafles menambahkan, kedepannya surat menyurat yang sebelumnya manual, setelah adanya Internet untuk kelurahan ini menjadi lebih gampang dengan melalui E- mail dan pihak Kominfo juga tengah mengembangkan aplikasi internet agar kepala daerah lebih gampang memonitoring setiap kinerja di setiap instansi.(Rahmat Sitepu)
 
Top