N3 Limapuluh Kota - Keberadaan Bank Nagari Cabang Pangkalan benar-benar membantu masyarakat Kecamatan pangkalan dan sekitarnya. Tidak saja dalam kegiatan perekonomian, lembaga keuangan milik daerah ini juga senantiasa menjadi solusi bagi warga yang membutuhkan biaya sekolah anak dan kebutuhan mendesak lainnya.

“Selama ini kami cukup terbantu oleh Bank Nagari Cabang Pangkalan. Sejak mengenal lembaga keuangan itu, kami tidak harus lagi berurusan dengan rentenir,” aku Yusneli (50) salah seorang warga Kecamatan Pangkalan kepada Sinamar di Pangkalan, baru-baru ini.

Dikatakan, Bank yang terletak di pasar Pangkalan itu cukup memudahkan warga dalam urusan pinjam meminjam ataupun menyimpan uang. Selain itu, masyarakat juga semakin tahu tentang jasa produk perbankan, sehingga mereka berusaha melepaskan diri dari jeratan lintah darat.

“Dengan pinjaman modal dari Bank nagari, usaha kami yang semula sangat kecil, sekarang terus berkembang. Begitu juga pendapatan keluarga kami, Alhamdulillah sudah mulai lebih dari cukup berkat kredit Bank Nagari Cabang Pangkalan,” tutur Yusneli.

Yusneli tidak sendiri, namun banyak Yusneli lain yang merasa sangat terbantu oleh permodalan Bank Nagari Cabang Pangkalan. Bukan saja bagi mereka yang berprofesi pedagang, bantuan bank ini juga dirasakan para petani dan pekebun.

 “Jika sebelumnya kami berurusan dengan rentenir, sejak mengenal Bank Nagari Cabang Pangkalan, saya tidak mau lagi berurusan dengan rentenir,” ujar Anto salah seorang petani di Pangkalan.

Hal senada juga dilontarkan Hasan warga lainnya yang menekuni usaha kecil menengah (UKM). Baginya, bank merupakan mitra terbaik dalam berusaha ekonomi.

Terpisah Kepala Bank Nagari Cabang Pangkalan Chandra Ichwan, S.Sos mengakui pemkembangan jumlah nasabah di wilayah Pangkalan sejak beberapa waktu belakngan semakin menggembirakan. Masyarakat semakin menyadari peran bank selaku penyedia dana buat mengembangkan usaha ekonomi mereka.

“Sesuai peran bank, kami selalu siap sedia menjadi penyedia dana untuk pengembangan kegiatan usaha perekonomian masyarakat. Selain itu kita juga berusaha melakukan pendampingan dan pembinaan terhadap usaha masyarakat tersebut sehingga usaha mereka lebih berkembang dan tidak kesulitan dalam pengendalian dan penggunaan kredit,” tutur Chandra.

Selain menyediakan permodalan buat keperluan pengembangan usaha masyarakat, Bank Nagari ini juga menjalan fungsi menyimpan dana masyarakat sebagai tabungan dan lainnya.

“Kami menyokong perkembangan usaha kecil menengah yang ada di wilayah Pangkalan ini karena menyadari UKM memiliki andil besar sebagai fasilitas pembangunan perekonomian,” ujar Chandra yang akrab disapa Da Can.

Menurut Can, selama ini tidak jarang UKM yang terkendala dana dalam pengembangan usaha. Karenanya, UKM itu perlu dukungan baik dalam bentuk penyediaan dana dan juga bimbingan pengelolaan usaha.

“Salahsatu peran kami adalah buat memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mengembangkan usaha ekonominya dengan cara menyediakan pinjaman modal,” tutur Can.

Dikatakan Can, layanan kredit yang ia realisasi selama ini lebih banyak buat pinjaman usaha peroduktif yang bisa memberikan keuntungan bagi masyarakat dan bank nagari sendiri.  Hal ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat serta membuka lapangan kerja.

Pada tempat terpisah Bupati Limapuluh Kota H Irfendi Arbi me nyebut, Pemkab Limapuluh Kota mendukung kegiatan perbankan di daerah ini.  Menurutnya, dengan keberadaan lembaga keuangan di kecamatan hingga nagari-nagari, ia opitmis perekonomian masyarakat akan semakin menggeliat.

“Kita mendukung kegiatan perbankan di kecamatan hingga ke nagari. Sebab, kita yakin lembaga keuangan itu akan mendongkrak perekonomian masyarakat, salahsatunya melalui kucuran pinjaman modal usaha bagi masyarakat,” ujar Irfendi.

Irfendi melihat sejumlah perbankan semakin menunjukkan perannya di tengah masyarakat, serta memberikan kontribusi dalam  pembangunan daerah, mendukung pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

“Kita yakin kehadiran bank di daerah ini akan menambah geliat ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Karenanya, kita sangat mendukung program seluruh lembaga keuangan tersebut demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” papar Irfendi (Rahmat Sitepu)
 
Top