N3 Payakumbuh - Sebagai bentuk kerjasama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan Komisi VII DPR RI dalam hal ini anggota DPR RI Ir. H. Mulyadi dari partai Demokrat. Sekretaris DPC Partai Demokrat Kota Payakumbuh sekaligus anggota DPRD Kota Payakumbuh Adi Suryatama melaksanakan acara serah terima becak motor di kelurahan Koto Panjang Payobasuang kecamatan Payakumbuh Timur Kota Payakumbuh.(12/10) pagi.

Acara yang bertempat di kantor kelurahan Koto Panjang Payobasuang dihadiri oleh Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kebersihan, Kepala kecamatan Payakumbuh Timur, Lurah, perangkat RT/RW, LPM serta tokoh tokoh masyarakat.

Adi Suryatama anggota DPRD partai Demokrat Kota Payakumbuh mewakili Ir. Mulyadi  mengatakan becak motor ini adalah bantuan dari kerjasama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan Komisi VII DPR RI yang diperjuangkan oleh Ir. Mulyadi dari partai Demokrat di DPR RI.
"Ini adalah salah satu bentuk kepedulian kader Partai Demokrat dalam memberikan bantuan nyata sesuai dengan kebutuhan masyarakat banyak.  Semoga bantuan ini bermanfaat dalam memfasilitasi warga dalam bidang kebersihan lingkungan," ujar Adi Suryatama

Dalam sambutannya Camat Payakumbuh Timur L. Kefrinasdi mengucapkan terima kasih atas bantuan becak motor ini kepada kelurahan yang ada Payakumbuh Timur dalam hal ini di  kelurahan Koto Panjang Payobasuang.

"Kalau dapat bantuan becak motor ini di peroleh oleh setiap kelurahan di kecamatan Payakumbuh Timur, niscaya setiap kelurahan akan terjamin kebersihannya", pinta Kefrinasdi.

Di tambahkan lagi, Kefrinasdi meminta agar warga masyarakat mampu memilah sampah karena beberapa jenis sampah bisa bernilai ekonomis seperti botol plastik, kertas karton dan lain lain

Erianto, Ketua RT1/RW2 mengatakan sangat bersyukur dengan adanya bantuan becak motor untuk penunjang kebersihan sampah ini. "Dengan keberadaan becak motor kebersihan ini diharapkan akan ada koordinasi  dengan dinas kebersihan agar proses sirkulasi sampah nantinya akan tertib sampai ke TPA”, ujarnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jon Kenedi melalui sekretarisnya Sovita Yenuris mengatakan Dinas Lingkungan Hidup sangat terbantu dengan adanya bantuan dari Ir.H. Mulyadi melalui Adi Suryatama.

"Dengan adanya bantuan becak motor ini maka program Zero Waste di Kota Payakumbuh akan bisa kita capai bersama", ujar Elok - panggilan Sofita

Tak ketinggalan Kabid Kebersihan Kota Payakumbuh Men Apris turut mengatakan keberadaan sampah dan pengelolaannya tergantung kepada perilaku manusia, seperti para pemakai kendaraan yang melewati daerah kita yang membuang sampah dari jendela kendaraannya serta perilaku pemulung yang mengorek korek sampah jadi bertebaran.

"Untuk itu butuh kesadaran diri sendiri serta saling mengingatkan sesama warga agar menjaga kebersihan lingkungan dengan ketertiban pengelolaan waktu dalam pembuangan sampah", ujar Men Apris.(Rahmat Sitepu)
 
Top