N3 Payakumbuh - Tim penilai Lomba Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (Toga) dan Akupresur Tingkat Nasional tahun 2017 melakukan verifikasi kelompok Toga Rosela Kelurahan Padang Datar, Kecamatan Payakumbuh Barat, Jumat (13/10) pagi.

Tim yang beranggotakan 5 (lima) orang tersebut terdiri dari, Inratri, SKM, M.Si sebagai Ketua, kemudian Rahmawati, Hariani, dr. Sri Astuti, dan dr Agus Kemal Purba, melakukan pemantauan dan mendengarkan ekspos dari Tuti Sumarni, Ketua Kelompok Toga Rosela, tentang keberadaaan dan kemanfaatan toga tersebut bagi warga sekitar.

Sebelumnya tim telah bertemu dengan Walikota Riza Falepi di Balaikota di Bukik Sibaluik. Dalam pertemuan tersebut Walikota sangat mengapresiasi atas kedatangan tim verifikasi ke kota Payakumbuh.

Dalam perbincangan di ruang kerja walikota tersebut, tim menanyakan beberapa hal, tentang bentuk dukungan pemko Payakumbuh terhadap keberadaan Toga.

Dikatakan Walikota Riza Falepi, Pemko Payakumbuh sangat mendukung sekali program ini. Hal tersebut dapat dilihat dari anggaran yang disediakan Pemko dalam menunjang dan membina sejumlah kelompok masyarakat untuk mengembangkan Toga.

“Pemko Payakumbuh selalu mendukung semua kegiatan yang berimbas bagi kepentingan masyarakat, apalagi dibidang kesehatan. Dukungan tersebut mulai dari kebijakan, anggaran yang disediakan pada APBD hingga pembinaan pada masyarakat itu sendiri.

Apalagi Toga adalah garda terdepan bagi keluarga dan masyarakat yang bisa dimanfaatkan langsung untuk meningkatkan dan memelihara kesehatan setiap anggota keluarganya”, terang Wako Riza.

Dipenghujung pertemuan Walikota berharap dengan kedatangan tim penilai, Kelurahan Padang Datar, khususnya Kelompok Toga Rosela meraih hasil terbaik dalam lomba tahun ini.

“Kami sangat berharap pada tim penilai, untuk memberikan penilain terbaik kepada Toga Rosela Kelurahan Padang Datar”, pungkas Wako Riza yang diamini oleh hadirin yang saat itu berada di ruang kerjanya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan yang diwakili Kabid Promosi Sumber Daya Kesehatan, dr. Munziarni mengatakan Kelompok Toga Rosela Kelurahan Padang Datar saat ini telah masuk nominasi, dari 30 peserta yang lolos tingkat Nasional pada tahun 2017 ini.

Pertemuan pagi itu, selain dihadiri Walikota Riza Falepi, juga dihadiri Sekdako Benni Warlis, Asisten II, Amriul, Kabag Kesra Ipendi, Kabag Protokoler diwakili Hermanto dan sejumlah pimpinan OPD terkait.  (Rahmat Sitepu)
 
Top