N3, Sumbar ~ Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengajak perusahaan di Jerman untuk mengatasi kelangkaan masalah tenaga listrik,  khususnya dalam bidang energi baru dan terbarukan, sebagaimana disampaikan dalam rilace beliau "Saya berkesempatan menawarkan kerjasama dan investasi di sektor energi terbarukan kepada MAN Diesel & Turbo, di Oberhausen, Jerman."

Hal ini dilaksanakan Gubernur karena adanya kebijakan nasional yang membolehkan  mengikut sertakan pihak swata untuk pengadaannya, sebagaimana dikatakan Gubernur "Saat ini kebijakan kelistrikan nasional memungkinkan swasta untuk ikut investasi di sektor ini. Ada potensi geo termal, mikrohidro, dan biogas yang bisa dikerjasamakan."

Gubernur menjelaskan tentang ajakannya ini "Terhadap ajakan kami, Senior Wakil Presiden Pemasaran & Kontrak Power Generation Turbomachinery, salah satu divisi dari perusahaan MAN Diesel & Turbo Armin Haller didampingi stafnya Holger Kube dan Frederico Marques, pihaknya fokus pada produksi turbin dan mesin pembangkit listrik."

Perusahaan yang diajak oleh Gubernur sudah melakukan kerjasama dengan beberapa perusahaan di Indonesia sebagaimana disampaikan Gubernur "Perusahaan MAN Diesel & Turbo sudah banyak bekerjasama dengan Indonesia. Antara lain PLN, PT PINDAD dan PT PUSRI."

Selain pertemuan, rombongan juga diajak keliling melihat pabrik pembuatan aneka turbin dan mesin pembangkit listrik. Pabrik MAN di Oberhausen adalah yang tertua. Sudah 250 tahun mereka berproduksi.

Usai mengunjungi pabrik turbin MAN Diesel & Turbo, rombongan yang didampingi Dhani Eko Wibowo dan Suprapto dari KBRI Berlin dan Ibnu Prispermana serta Lucky Artha El Saud dari KJRI Frankfurt, mengunjungi pabrik mobil pemadam kebakaran di Duisburg, Jerman.

Selama di Jerman, sudah diagendakan beberapa pertemuan dalam rangka penanaman modal dan investasi. Antara lain di Dusseldorf, Oberhausen, Duisburg, dan Muenchen. Demikian dilaporkan. (by. Akral)
 
Top