N3, Banda Aceh ~ Dalam menyambut HUT TNI Ke-72, pada tanggal 5 Oktober mendatang, Danlanud Sultan Iskandar Muda Kolonel Pnb Suliono, S.Sos., beserta Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Moch. Fachruddin, Kakanhan Provinsi Aceh Marsma TNI Eris Widodo dan pejabat TNI lainnya menaburkan bunga dalam Upacara Ziarah di Tamam Makam Pahlawan Peuniti, Banda Aceh, Selasa (3/10).

Secara khidmat upacara ziarah berjalan, yang diawali dengan penghormatan kepada para pahlawan, mengheningkan cipta, peletakan karangan bunga oleh Pangdam Iskandar Muda selalu pimpinan ziarah dilanjutkan tabur bunga yang ikuti seluruh peserta ziarah. Dalam kesempatan itu, Danlanud Sultan Iskandar Muda mengatakan ziarah dan tabur bunga bukan sekedar seremonial rutin yang selalu diselenggarakan setiap hari besar TNI maupun setiap matra, melainkan pelecut semangat bagi generasi penerus untuk mampu memberikan yang terbaik Negara Kesatuan Republik Indonesia seperti yang telah dilakukan pendahulu pada masanya.

Sekilas terpampang dalam dinding TMP Peuniti sebuah puisi Chairil Anwar, “Kami bicara padamu dalam hening di malam sepi, jika dada rasa hampa dan jam dinding yang berdetak, kami mati muda yang tinggal tulang diliputi debu.

Kenang-kenanglah kami,” yang secara sederhana dijelaskan Danlanud Sultan Iskandar Muda sebagai ajaran bagi generasi muda untuk mengingat, mengenang dan meneladani jasa para pahlawan yang rela memberikan jiwa raga, waktu dan tenaga untuk kemerdekaan Indonesia.

Hal ini selaras dengan tema HUT TNI Ke-72 Tahun 2017 “Bersama Rakyat TNI Kuat”,

Lanjutnya, menegaskan bahwa tanpa adanya sinergitas TNI dan rakyat pada saat itu, maka mustahil kemerdekaan dapat diperoleh, sehingga mari saling menjaga, mempertahankan dan meningkatkan soliditas TNI dan Rakyat dalam rangka menjaga keutuhan NKRI.

Turut hadir dalam upacara ziarah tersebut ibu-ibu Persit Kartika Chandra Kirana Pengurus Daerah Iskandar Muda, Jalasenastri dan PIA Ardhya Garini Cabang 20/D I Lanud Sultan Iskandar Muda, IKKT serta puluhan prajurit TNI AD, TNI AU dan TNI AL.
 
Top