N3 Limapuluh Kota - Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi bertindak menjadi narasumber dalam acara Sosialisasi Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu, di ballroom hotel Kolivera, Rabu (11/10).

Dalam acara yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Limapuluh Kota itu tampak hadir Ketua KPU Limapuluh Kota,Ismed Aljannata, Komisioner KPU Limapuluh Kota,Ilham Yusardi,Ketua Panwaslu Limapuluh Kota,Yoriza Asra, Ketua-ketua DPC seluruh Partai, Ketua KNPI Limapuluh Kota, Ormas, Mahasiswa dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Irfendi Arbi memaparkan peran serta pemerintah daerah dalam pemilihan umum tahun 2019 berdasarkan (UU) 7 Tahun 2017 tentang pemilhan umum (Pemilu). "Tugas kepala daerah dalam pemilihan umum sangat jelas, yakni melaksanakan pendidikan politik supaya meningkatkan partisipasi pemilih,menyiapkan data, memberikan bantuan dan fasilitas, serta memantau kelancaran penyelenggaraan pemilu" ujar Irfendi.

Selanjutnya Irfendi mengatakan, sebagaimana diamanatkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, harus nantinya dilaksanakan dengan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. 

Irfendi mengatakan selain berdasarkan asas yang ada dalam penyelenggaraan pemilu, hendaknya pemilu yang akan datang juga harus memenuhi prinsip-prinsip demokrasi dan berkedaulatan. "Dalam penyelenggaraan pemilu yang akan datang kita harus mengacu pada prinsip mandiri, jujur, adil, berkepastian hukum, tertib, terbuka, proporsional, profesional, akuntabel, efektif dan efisien", sambungnya.

Dengan diadakannya acara sosialisasi undang-undang ini, Irfendi berharap nantinya dapat mewujudkan pemilu yang demokratis dan menjadikan kesamaan persepsi antar pemangku kepentingan dalam pemilu.

“Saya berharap kegiatan sosialisasi ini dapat mewujudkan kesamaan persepsi serta sinergitas yang kuat dan berkesinambungan antar pemangku kepentingan Pemilu dalam upaya menciptakan Pemilu yang demokratis.

Selain itu Bupati mendukung penuh setiap kegiatan yang akan menyukseskan kegiatan pemilu dan Bupati juga menghimbau seluruh kalangan masyarakat nantinya agar dapat berperan aktif menyukseskan penyelenggaraan pesta demokrasi mendatang.

"Saya mendukung penuh seluruh kegiatan yang akan menyukseskan pemilu 2019 dan harapan saya nantinya partisipasi seluruh kalangan masyarakat ikut serta dalam Pemilu serentak tahun 2019, baik secara kuantitas maupun kualitas. Sehingga dengan demikian, Pemilu serentak tahun 2019 akan dapat menghasilkan pemimpin dan wakil rakyat yang mempunyai legitimasi yang kuat serta amanah dalam menjalankan tugasnya,” terangnya. (Rahmat Sitepu)
 
Top