Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Ranai salah satu Lanal di bawah jajaran Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) dengan Komandan Lanal Ranai Kolonel Laut (P) Tony Herdijanto, S.E., M. Sc., diwakili Pgs. Pasops Lanal Ranai Kapten Laut (KH) Galih Umbara S.H., turut mendukung pengawalan pemulangan/deportasi anak buah kapal (ABK) kapal ikan asing (KIA) Vietnam Nonjustisia sebanyak 24 orang yang terdiri dari 10 orang dari Lanal dan 14 orang dari kantor Imigrasi kelas II Ranai.

Pergeseran ABK KIA Vietnam Nonjustisia tersebut dari Lanal Ranai menuju Pelabuhan Selat Lampa dengan pengawalan dari personel Denpomal dan Sintel Lanal Ranai serta pegawalan kantor Imigrasi kelas II Ranai, selanjutnya penyerahan dilakukan di pelabuhan umum Selat Lampa oleh Pgs. Pasops Lanal Ranai Kapten Laut (KH) Galih Umbara S.H., dan dari pihak kantor Imigrasi diserahkan oleh Bapak Nafis, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Ranai kepada Bapak Erik Sestones T, M. Si., Kepala Stasiun Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Kota Pontianak.

Pemulangan ABK Vietnam Nonjustisia kali ini menggunakan Kapal Pengawas Perikanan Hiu Macan 01 dengan Nakhoda Captain Samson untuk selanjutnya dibawa menuju Satker PSDKP Batam. ABK Nonjustisia tersebut merupakan hasil tangkapan TNI Angkatan Laut terhadap KIA Vietnam BV 9199 TS, KG 94080 YS dan BL 93816 TS yg telah melakukan kegiatan Illegal Fishing di Laut Natuna Utara.

Turut hadir dalam acara penyerahan pemulangan ABK Vietnam tersebut Paur Syahal Letda Laut (P) Ikasano F Romy dan Danposal Sabang Mawang Letda Laut (P) Guruh.
 
Top