N3, Padang ~ Kota Padang berada tepat di pinggir Samudera Hindia. Rawan bencana seperti banjir, gempa, dan lainnya. Agar warga tetap merasa nyaman dan terselamatkan jika terjadi bencana, Padang membangun banyak shelter.

Seperti di Tabing. Terdapat shelter cukup besar yang dapat menampung banyak warga. Sayangnya hingga saat ini banyak warga yang mengeluh kesulitan untuk mencapai shelter tersebut.

"Kita selalu kesulitan menyelamatkan diri jika ada gempa," keluh Masrul Effendi, tokoh masyarakat di Jondul, Tabing, kepada Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo.

Siang itu, Walikota Padang baru saja menyembelih hewan kurban di Masjid Al Ikhlas, Pasir Muara Ganting, Parupuk Tabing, Kecamatan Padang Utara. Saat itu warga berharap perhatian dari Walikota. Berharap adanya jalur menuju shelter. Termasuk memperancak jalan di kawasan Parupuk Tabing.

Mahyeldi pun langsung merespon permintaan warga. Walikota bersama Lurah Parupuk Tabing, Salman menaiki sepeda motor, melihat langsung kondisi jalan di daerah tersebut. Walikota duduk di belakang, dan lurah mengendarai motor.

Walikota melihat jalan yang sudah hancur karena tidak diaspal. Jalan berkerikil itu tidak laik lagi bagi perlintasan warga setempat. Apalagi jalur itu merupakan jalur evakuasi menuju shelter jika terjadi bencana.

Selain itu, Walikota juga melihat langsung kondisi jembatan yang sudah lama dan kurang terawat. Besi pengunci jembatan yang sudah merenggang sangat dikhawatirkan warga.

Setelah itu Walikota menyempatkan diri melihat rencana akses menuju shelter. Untuk bisa mencapai shelter, warga Parupuk harus memutar dulu. Sebab, shelter dibatasi oleh anak sungai.

"Untuk mencapai shelter memang harus ada akses orang," ujar Walikota Padang.

Walikota berencana membangun jembatan bagi warga untuk bisa mencapai shelter. Saat itu juga Walikota menelepon Kepala Dinas Pekerjaan Umum.

"Kita sudah instruksikan Dinas PU untuk berkoordinasi dengan lurah," ungkap Mahyeldi usai menelepon.

Walikota berharap jembatan bagi orang ini dapat segera direalisasikan. Sebab sangat penting bagi warga setempat. Rencananya, agar jembatan dapat segera dibangun di lokasi itu, Walikota akan memindahkan rencana pembangunan jembatan di tempat lain ke shelter Tabing.(Charlie)
 
Top