N3 Limapuluh Kota - “Harau kedepan dapat meningkatkan perekonomian masyarakatnya dan peningkatan wisatawan yang datang, lembah harau memiliki potensi yang luar biasa, kata Bupati Lima Puluh Kota H.Irfendi Arbi pada sambutanya dalam acara Tim Pengabdian kepada masyarakat Jurusan Pariwisata Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang (UNP) di Lembah Harau, Kamis(28/9).

“Kini kita sudah mulai, demi mendongkrak potensi wisata bekerjasama  dengan UNP, peran dan fungsi pemerintah  beserta masyarakat guna meningkat kan daya saing, kreatifitas, partisipasi dalam proses pembangunan wisata terus kita kembangkan”, kata Irfendi Arbi.

Sementara itu Rektor UNP yang diwakili Dekan Fakultas Pariwisata dan Perhotelan UNP Dra. Ernawati, M.Pd,Phd mengatakan, setiap tahunnya melalui Fakultas Pariwisata dan Perhotelan mengadakan kegiatan pengadian kepada masyarakat.Ini tidak kalah pentingnya dari penelitian dan pengajaran,

Salah satu yang harus menjadi perhatian kita adalah  toilet, merupakan salah satu sarana sanitasi yang paling vital. Sarana toilet umum merupakan salah satu jenis toilet yang diperuntukkan untuk masyarakat umum yang berkunjung ke suatu tempat, kata Dra. Ernawati, M.Pd,Phd.

Pemerintah telah mengalokasikan sejumlah dana untuk pembuatan toilet yang bersih dan sehat. Tetapi terkadang kurangnya kepedulian masyarakat untuk menjaga kebersihan pun membuat program pemerintah untuk toilet bersih tidak berjalan maksimal,lanjut Dra. Ernawati, M.Pd,Phd .

Padahal, kebersihan toilet termasuk salah satu yang paling diingat orang ketika berkunjung ke suatu tempat. Sayangnya, kesadaran untuk menjaga kebersihan toilet, apalagi toilet umum, masih sangat rendah.

Ketua Jurusan Dra. Ira Meirina Chair,M,Pd melaporkan, kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Jurusan Pariwisata Fakultas Pariwisata dan Perhotelan dalam rangka kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi.

Kegiatan ini diikuti 100 orang yang terbagi dalam 5 kelompok, peserta terdiri dari Pelaku Wisata yang tergabung dalam kelompok Sadar Wisata, kelompok UKM Kuliner, Pengelola Toilet dan Anggota Sangar.

Dipilihnya Objek Wisata Lembah Harau merupakan salah satu destinasi wisata andalan di Sumbar. Kegiatan Pengabdian ini sudah dilaksanakan sejak awal September, yang terdiri dari Pelaksanaan Event, Pelatihan Kuliner dan Pangan Lokal, Managemen Toilet, Pelatihan Sadar Wisata dan Pembuatan Signage. (Rahmat Sitepu)
 
Top