N3 Payakumbuh - Menjelang pelantikan sebagai Walikota periode 2017-2022, Sabtu, 23 September 2017 mendatang. Walikota Riza Falepi hadir apel pagi bersama dengan seluruh jajaran pimpinan OPD dan karyawan di lingkungan Sekretariat Daerah Pemko Payakumbuh, Senin (18/9) di Halaman Balaikota di Bukik Sibaluik. 

Dalam amanat pada apel pagi itu Walikota mengajak seluruh pimpinan OPD untuk bersungguh-sungguh dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. “Pelaksanaan tugas dan tanggung jawab setiap pimpinan OPD, haruslah berorientasi pada visi dan misi dari Kepala Daerah. Bersungguh-sungguh dan profesional harus jadi koridornya, jangan sampai tujuan yang hendak dicapai keluar dari target yang ingin diraih”, kata Walikota Riza.

Dikatakan Walikota, amanah ini cukuplah berat, sebagai Walikota untuk periode kedua, haruslah benar-benar dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Sebab menurut Wako masyarakat masih memberikan kepercayaan kepadanya untuk memimpin serta menjalankan roda pembangunan di Payakumbuh.

“Untuk itu, pada periode kedua ini, kita harus punya target yang harus jelas. Jangan sampai kepercayaan masyarakat kepada pemerintah daerah menjadi pudar dan hilang.

Kemudian dalam masa 5 (lima) tahun kedepan kita berusaha untuk fokus kepada sektor ekonomi, karena pada periode sebelumnya sektor layanan dasar seperti pendidikan, kesehatan, infrastruktur, telah berjalan baik dan signifikan. 

Untuk itu penguatan pertumbuhan sektor ekonomi adalah dalam rangka peningkatan pendapatan perkapita masyarakat dan  menekan terus angka kemiskinan”, terang Walikota Riza.

Tiga hal yang akan menjadi fokus utama pembangunan sektor ekonomi Riza Falepi pada periode selanjutnya, yaitu di antaranya penguatan sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), pengembangan koperasi yang berbasis pemasaran produk lokal ke pasar Domestik bahkan sampai negara tetangga, serta pendirian Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Ditambahkan Walikota, ketiga sektor yang menjadi fokus peningkatan sektor ekonomi ini, diharapkan dan diyakini Riza akan menjadi urat nadi peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) di masa mendatang.

Dipenghujung amanat apel pagi itu, Walikota kembali mengajak pimpinan OPD mempercepat langkah, memfokuskan orientasi program kerja pada visi dan misi kepala daerah.

“Kembali saya mengajak pimpinan OPD untuk lebih serius dan yakin untuk menggarap serta merencanakan program-program pembangunan di sektor ekonomi ini dengan sebaik-baiknya agar kesejahteraan masyarakat dapat kita capai”, pungkas Wako Riza Falepi.(Rahmat Sitepu)
 
Top