N3 Payakumbuh - Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Sosial Kota Payakumbuh salurkan berbagai bantuan kepada korban Galodo di Posko Kecamatan KPGD Nagari Pakan Rabaa Kabupaten Solok Selatan, mulai dari 20 sd 23 September 2017.


Kepala Dinas Sosial Kota Payakumbuh yang diwakili oleh Kasi Jaminan Sosial Ance Alfiando serahkan bantuan berupa sembako, penyiapan dapur umum, relawan pembersihan material, distribusi barang bantuan dan air bersih kepada posko bencana banjir bandang yang di terima langsung oleh Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria.

"Sampaikan ungkapan terima kasih dan salam hormat saya pada Walikota Payakumbuh dan seluruh masyarakat Kota Payakumbuh," ujar Bupati.

Bupati Solok Selatan menyampaikan setiap jam tujuh pagi selama masa tanggap darurat semua petugas dan relawan selalu mengikuti pertemuan action plan. "Infrastruktur air bersih kita lumpuh dalam beberapa bulan ini, rumah-rumah penduduk dipenuhi lumpur. Dua ratusan keluarga terancam secara sosial, ekonomi dan kesehatan," ujar Bupati

Pada kesempatan tersebut Pemerintah Kota Payakumbuh mendukung proses tanggap darurat dengan mengirimkan bantuan air bersih dan relawan bagi masyarakat korban bencana di Solok Selatan.

Saat itu air bersih menjadi pilihan utama bagi masyarakat "Kami bisa hidup tanpa emas, tapi tidak tanpa air" ujar seorang masyarakat yang antri untuk mendapatkan jatah air bersih.

Momentum bencana ini memperlihatkan solidaritas antar Pemerintah Daerah, membantu sesuai potensi yang ada, bantuan yang beragam, sayur dan kebutuhan pangan yang bisa dimanfaatkan dapur umum, pakaian, uang dan kebutuhan tanggap darurat lainnya.Semuanya ini dimanfaatkan sepenuhnya bagi masyarakat korban bencana," ungkap Ance.(Rahmat Sitepu)
 
Top