"Padang Kulinerun 2017" Bakal Digelar

N3, Padang - Agenda kegiatan cukup menarik digelar di Padang pada akhir pekan ini. Kegiatan bertajuk "Padang Kulinerun 2017" bakal memikat wisatawan. Sebab acara ini menggabungkan olahraga lari, kuliner dan pariwisata.

"Event ini dilaksanakan 24 September," ungkap Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo, kemarin.

Pada ajang "Padang Kulinerun 2017" ini, peserta akan melintasi pantai-pantai indah dan berbagai ikon di Kota Padang. Peserta nantinya juga diajak untuk menikmati kuliner khas Padang yang begitu menggoda dan mendunia.

"Padang Kulinerun 2017" merupakan kegiatan yang bertujuan untuk lebih memperkenalkan berbagai keindahan Kota Padang sebagai destinasi wisata. Sekaligus mengangkat wisata kuliner Minang yang telah diakui dunia.

Seperti diketahui, kuliner khas Minang sudah dikenal ke seluruh pelosok nusantara bahkan dunia. Media CNN bahkan sebelumnya telah merilis rendang khas Sumatera Barat sebagai urutan pertama dalam daftar makanan terenak di dunia.

"Kegiatan ini juga sekaligus dalam rangka menyambut Hari Pariwisata Dunia (World Tourism Day) yang jatuh pada 26 September," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang Medi Iswandi.

Sebanyak 1.500 peserta diperkirakan ambil bagian di ajang yang akan mempertandingkan lomba dengan jarak 2,5K/5K dan 10K serta Family Run dengan hadiah total Rp 35 juta serta berbagai hadiah menarik lainnya. Para peserta nantinya akan diajak berlari sambil melintasi berbagai destinasi. Mulai dari kawasan pantai, yaitu Pantai Padang, Pantai Muaro Lasak, Pantai Tugu Perdamaian, Museum Adityawarman, kawasan Pondok dan tugu depan hotel Grand Inna Padang.

Seusai lomba para peserta akan dapat menikmati berbagai sajian kuliner khas Minang yang dihadirkan dari kalangan industri, UMKM dan tidak ketinggalan Hotel Grand Inna Padang. Sebagai lokasi penyelenggaraan, Hotel Grand Inna Padang menyiapkan berbagai sajian khusus. Mulai dari lontong gulai khas Padang, bubur kampiun, lamang tapai dan sebagainya.

Beberapa waktu lalu, Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut baik terselenggaranya ajang Padang Kulinerun 2017. Menurut Menpar, kegiatan ini menunjukkan Kota Padang khususnya Sumatera Barat sebagai destinasi halal yang lengkap dan punya potensi besar dalam pariwisata.  Sumatera Barat memiliki segalanya mulai gunung, sawah, sungai, pantai, sampai bawah laut yang berkelas. Juga punya budaya yang berkarakter, khas dan punya nilai keindahan yang tinggi.

"Juga punya arsitektur nusantara, rumah begonjong yang tidak ada duanya di dunia," ungkapnya.(ch/jm)
Previous Post Next Post