N3 Payakumbuh - Dalam rangka melestarikan olah raga tradisional Lomba Pacu Anjing khususnya di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota. Karang Taruna Anak Nagari Tiaka mengadakan Lomba Pacu Anjing tingkat Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota.

Lomba yang digelar dari tanggal 7 sampai dengan 16 September 2017 ini dilaksanakan dilapangan Sawah Nio Titian Konsen yang biasanya digunakan untuk iven Pacu Jawi yang sudah masuk kalender tahunan pariwisata Kota Payakumbuh.

Kegiatan Lomba Pacu Anjing ini dilaksanakan secara swadaya dan swadana oleh pemuda RT.02 RW.07 Padang Baru Kelurahan Tiaka Kecamatan Payakumbuh Timur. Ratusan peserta dari berbagai belahan daerah di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota berdatangan untuk ikut serta mendaftarkan anjing andalannya dalam lomba ini.

Fetrianto dari Karang Taruna Anak Nagari Tiaka mengatakan tujuan dari acara ini adalah mengajari anjing untuk tahu dengan objek perburuan yaitu babi hutan, babi hutan dipesan kepada orang peburu babi sebanyak 2 ekor. Disamping itu untuk meningkatkan kemampuan anjing untuk berburu di arena perburuan yang sebenarnya.

Dalam lomba pacu anjing ini ada dua kategori yang diperlombakan, yaitu lomba pacu anjing ras dan lomba pacu anjing lokal dengan jarak 200meter sampai 300meter. "Kedepannya lomba ini bisa masuk kedalam kalender iven wisata Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota untuk nantinya menjadi iven nasional", harap Fetrianto.

Anggi (19) pemuda Kelurahan Ibuah salah seorang peserta yang memiliki anjing lokal mengatakan sangat antusias dengan acara ini. "Beberapa anjing yang saya miliki belum tahu dengan buruan, makanya saya bawa kesini", ujarnya.(Fajar Sitepu)
 
Top