N3 Payakumbuh – Program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-100 Ta. 2017 Wilayah Kodim 0306/50 Kota yang dilaksanakan di Kelurahan Kapalo Koto Ampangan Kecamatan Payakumbuh Selatan resmi dibuka oleh Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi,ST,MT yang dilaksanakan dilapangan sepak bola Sari Bulan Payakumbuh Rabu (27/9).

Sebagaimana diketahui Program TNI Manunggal Membangun Desa/Nagari (TMMD/N) merupakan program terpadu lintas sektoral di pusat maupun daerah, sebagai kepedulian TNI untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara berkesinambungan serta berlanjut sehingga tercipta dan terbina Kemanunggalan TNI-Rakyat dalam rangka Ketahanan Nasional.

Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi,ST,MT mengatakan, Program TNI manunggal membangun desa merupakan wujud salah satu Nawa cita Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf kalla yaitu “Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka Negara Kesatuan”.

“Pembukaan TMMD  ke-100 tahun 2017 dilaksanakan secara serentak di seluruh lokasi TMMD se-indonesia, sedangkan untuk provinsi Sumatera Barat, dilaksanakan di kelurahan Kapalo Koto Ampangan Kecamatan Payakumbuh Selatan Kota Payakumbuh ini” ungkap Riza.

Pada kesempatan tersebut Dandim 0306/50 Kota Letnan Kolonel  Inf Heri Sumitro,S,Pd mengatakan, TNI manunggal membangun desa/nagari bertujuan untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan baik bersifat fisik maupun non fisik dan memantapkan kemanunggalan TNI-Rakyat dalam rangka menyiapkan ruang juang, alat juang dan kondisi juang  yang tangguh guna menciptakan suasana yang kondusif bagi terwujudnya stabilitas keamanan di daerah.

“Sasaran TMMD/N ke-100 di wilayah Kodim 0306/50 Kota diantaranya membuka jalan baru sepanjang 1.200 M dan lebar 5 M, melakukan rehab 2 unit rumah dan memberikan penyuluhan-penyuluhan terpadu dengan tujuan untuk menambah pengetahuan dan keterampilan bagi masyarakat oleh dinas jawatan/instansi terkait” ungkap Heri Sumitro.

Acara Pembukan TMMD di wilayah Kodim 0306/50 Kota ini dikuti peserta dari TNI/Polri, Satlinmas dan organisasi kemasyarakat (ormas), tokoh masyarakat, dan perwakilan SKPD di lingkungan Pemkot Payakumbuh, dengan mengusung tema “Dengan Semangat Kemanunggalan TNI dan Rakyat, Kita Percepat Pembangunan di Daerah Guna Meningkatkan Kemandirian Pangan dan kesejahteraan Masyarakat Dalam Menjaga Keutuhan Wilayah NKRI” (Rahmat Sitepu)
 
Top