N3, Sumbar ~ Seandainya disetiap keluarga yang mampu melakukan kurban dalam setiap idul adha ini di Sumatera Barat, maka semua masyarakat akan dapat menikmati rasa indahnya saling berbagi untuk sesama. Tentu tingkat kemiskinan akan dapat berkurang di daerah ini.

Idul Adha merupakan sebuah pelajaran dari sosok Nabi Ibrahim yang tulus dan iklas dalam beribadah kepada Allah SWT, dengan melakukan kurban untuk berbagi sebagai upaya menjadi umat yang pandai bersyukur.
Hal ini disampaikan Gubernur Irwan Prayitno dalam sambutannya pada penyelenggaraan sholat idul Adha 1438 H di Halaman kantor gubernur, Jum'at (1/9/2017).

Lebih jauh Irwan Prayitno menyampaikan semanga Idul Adha, juga mengisyaratkan prilaku saling peduli dan membantu satu sama lainnya yang kekurangan. Oleh karena itu mari kita latih dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari jiwa berkurban menjadi jati diri, untuk Indonesia yang lebih baik, khususnya untuk mewujudkan Sumatera Barat yang maju, madani dan sejahtera.

Gubernur Sumatera Barat juga menghimbau panitia masjid atau mushalla yang melaksanakan penyembelihan hewan kurban untuk dapat mendisribusikan daging kurban secara merata. 

"Bagi masjid dan mushalla yang daging kurbannya cukup banyak, sementara masyarakat disekitar tidak seberapa, untuk dapat membagikan daging kurbannya pada daerah yang peserta kurbannya sedikit atau pada kantong-kantong masyarakat yang kurang mampu" harapnya. 

Dia juga menjelaskan, dibandingkan tahun 1437 H/ 2016 M, jumlah hewan kurban yang berhasil terkumpul pada 1438 H/ 2017 M mengalami peningkatan sebesar 0,077 persen di 19 Kabupaten/ Kota se Sumatera Barat. 

"Dan tahun ini, Presiden RI kembali memberikan 1 (satu) ekor sapi untuk kurban dengan berat kurang lebih 1 (satu) ton, dan akan disembelih esok hari (sabtu) di Masjid Raya Sumbar bersama dengan hewan-hewan kurban lainnya" sebutnya.  

Gubernur Irwan Prayitno juga mengajak masyarakat Sumatera Barat untuk mendoakan saudara-saudara kita yang sedang menjalankan ibadah haji ditanah suci Mekkah, semoga dapat menjalankan ibadah dengan baik, dan kembali ke tanah air menjadi haji yang mabrur. 

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara Hari Besar Islam (PHBI) Sumbar, Ali Asmar menjelaskan, pada tahun ini jumlah hewan kurban di 19 Kabupaten/ Kota se Sumatera Barat sebanyak 40.419 ekor, sedangkan pada tahun lalu berjumlah 40.388 ekor. 

"Tahun ini jumlah hewan kurban tersebut terdiri dari 452 ekor kerbau, 35.258 ekor sapi dan 4.709 ekor kambing, sedangkan untuk tahun lalu kerbau sebanyak 437 ekor, sapi 35. 193 ekor serta kambing 4.758 ekor" terang Ali Asmar.
 
Top