N3 Limapuluh Kota - Sebanyak 301 orang jemaah haji Kabupaten Limapuluh Kota tiba di Padang, Sabtu (16/9) sekitar pukul 09.20 Wib dengan pesawat Garuda Indonesia Boing 777 seri 300 ER. Sedangkan dua orang jemaah lainnya, masing-masing Suswita Khatib Sof (57) asal Kecamatan Guguak dan Raden Syaiful Anwar (58) dari Kecamatan Payakumbuh meninggal dunia di tanah suci.

Para jemaah yang dipimpin langsung Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi selaku TPDH, dijemput Plt Sekdakab Limapuluh Kota Ir M Yunur, MT beserta sejumlah kepala OPD dan Kepala Kemenag Kabupaten Limapuluh Kota ke Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Padang.

Para jamaah mengaku sangat senang bisa menunaikan ibadah haji bersama Bupati Irfendi. Sebab, selama menunaikan ibadah suci tersebut, mereka senantiasa didampingi dan dibantu bupati.

“Kami merasa sangat senang dan bersyukur. Sebab, selama berada di tanah suci kami benar-benar mendapat perhatian, dibantu, dan selalu diberi semangat serta didorong oleh Bupati Irfendi untuk memaksimalkan ibadah,” ungkap salah seorang jamaah Asril Zarkani asal Limbanang kepada`wartawan di sela acara penyerahan jamaah kepada panitia daerah di Debarkasi Padang.

Hal senada ikut dilontarkan Imam jamaah asal Kototinggi. Menurutnya, bupati selalu hadir di tengah jamaah Kabupaten Limapuluh Kota dan senantiasa berkeliling ke seluruh kamar untuk memastikan kondisi jamaah.  

“Kami sangat salut dengan bupati yang selalu sehat dan kuat membantu para jamaah, terutama bagi mereka yang sudah tua. Kami benar-benar merasa terayomi,” aku Imam yang dianggukan Indrizal jamaah asal Kecamatan Guguak.

Begitu pula yang dialami Iswandi jamaah asal Bukik Barisan. Ia merasa bupati benar-benar tampil menjadi saudara yang rendah hati, senasib sepenanggungan dan menyatu dengan seluruh jamaah. Ketika melontar, bupati terlihat sibuk membantu jamaah yang sudah tua.

“Saya merasa tidak ada jarak antara bupati dengan jamaah lainnya. Beliau betul-betul membaur dengan kami. Bahkan ketika lapar, kami sama-sama memakan mie instan dengan bupati, dan ketika melontar, beliau tanpa lelah membantu jamaah yang sudah tua,” tutur Iswandi sembari menyebut bupati juga tidak tinggal diam ketika ada jamaah yang hilang, hingga yang bersangkutan kembali berkumpul dengan rombongan.

Sebelumnya dalam acara penyerahan jamaah kepada panitia daerah di Debarkasi Padang, Kepala Kemenag Provinsi Sumatera Barat Salman dalam sambutannya mengatakan, seluruh jamaah haji yang berangkat dari Embarkasi Padang sebanyak 6.349 orang. Rinciannya, sebanyak 4.628 orang dari Provinsi Sumatera Barat, 1.641 orang dari Provinsi Bengkulu dan 80 orang petugas Kloter. Hingga kini jumlah jamaah yang meninggal di Arab Saudi tercatat sebanyak 18 orang.

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi yang dimintai keterangannya mengucapkan syukur para jamaah sudah kembali ke tanah air dengan selamat. Ia berharap seluruh jamaah tersebut mendapatkan predikat haji mabrur dan menerapkan kebaikan di tengah masyarakat. Ia juga mengajak para pejabat dan ASN di Kabupaten Limapuluh Kota segera mendaftar menjadi calon jamaah haji.

“Saat ini saya belum bisa menceritakan bagaimana di tanah suci itu, yang jelas saya mengajak kita semua agar bisa segera mendaftar menjadi calon jamaah haji dan bisa menunaikan ibadah haji,” ujar Irfendi di hadapan sejumlah ASN dan masyarakat yang ikut menjemput rombongan ke Debarkasi Padang.  (Rahmat Sitepu)
 
Top