Dua Jabatan Eselon II di Payakumbuh Akan di Lelang

N3 Payakumbuh - Kekosongan jabatan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) setingkat eselon II yang kosong sejak Juni 2017 lalu akan segera diisi. Untuk mengisi kekosongan jabatan pimpinan tinggi pratama akan dilakukan seleksi terbuka kembali pada akhir tahun 2017 ini. Demikian ungkap Walikota Payakumbuh, Riza Falepi didampingi Plt. Kepala BKPSDM, Dafrul Pasi, di ruang kerjanya, Jum’at (8/9/2017).

Lebih lanjut Riza menjelaskan bahwa proses pemilihan JPT Pratama ini sudah final merupakan hasil dari seleksi terbuka, transparant dan kompetitif sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS. Peraturan yang diundangkan tanggal 7 April 2017 ini memuat poin penting terkait penyusunan dan penetapan kebutuhan PNS, pengadaan PNS, pangkat dan jabatan, pola karir, promosi dan mutasi, penilaian kinerja, penggajian dan tunjangan, sampai kepada pemberhentian PNS.

“Saya sangat mengapresiasi dan merespons positif pelaksanaan PP Nomor 11 tahun 2017 ini, dengan demikian setiap PNS yang memenuhi persyaratan mempunyai kesempatan yang sama untuk ikut berkompetisi dalam proses seleksi nantinya”, jelas Walikota, Riza Falepi.
“Proses akan dilakukan secara objektif, kompetitif, terbuka dan transparan. Tinggal penilaian akhir dimata kami adalah loyalitas dan track record selama ini ”, lanjut Walikota yang terpilih kembali untuk periode kepemimpinan 2017-2022 mendatang.

Saat ditanya lebih lanjut perihal jabatan eselon 3 dan 4, Riza juga menjelaskan bahwa akan dilakukan seleksi melalui assessment pada tahun 2018, dimana setiap PNS memiliki kesempatan yang sama untuk menduduki jabatan sesuai dengan kapabilitas dan kompetensi yang dimilikinya. “ Pada proses assessment ini, setiap PNS diperbolehkan menuliskan jabatan apa yang diinginkan (open bidding), ini sangat menguntungkan bagi pejabat eselon IV yang ingin meningkatkan karirnya”, jelas Riza.

“Tidak ada lagi PNS yang menuntut dan meminta-minta jabatan, kami tidak akan layani permintaan tersebut karena penilaian akan dilakukan secara objektif sesuai dengan hasil assessment”, pungkas Riza menambahkan.

Dafrul Pasi, Plt Kepala BKPSDM juga menambahkan dikesempatan yang sama kalau seleksi terhadap 2 JPT ini akan dilaksanakan secepatnya pada akhir tahun ini. “Segera setelah disahkannya APBD Perubahan TA 2017 kita akan lakukan seleksi ini, sementara untuk assessment bagi eselon 3 dan 4,akan digelar pada awal tahun 2018. Partisipasi aktif dari PNS di Payakumbuh dalam kegiatan ini sangat diharapkan  ”, jelas Dafrul Pasi.(Rahmat Sitepu)
Previous Post Next Post