N3, Padang ~ Saat ini potensi gempa kembali aktif, agar sewaktu tsunami terjadi setelah gempa masyarakat mengetahui nanti jika sirine berbunyi. Untuk itu rusaknya 10 sirine tsunami yang ada saat ini dari total semuanya 20 buah, perlu dilakukan perbaikan oleh pemerintah kota padang serta pihak terkait sesegara mungkin. Jangan ditunda-tunda perbaikinya

Anggota Komisi IV DPRD Kota Padang Muharlion menyampaikan perlu dilakukan perbaikan sesegara mungkin. "Jangan ditunda-tunda perbaikinya, karena saat ini potensi gempa kembali aktif, ini agar sewaktu tsunami terjadi setelah gempa masyarakat mengetahui nanti jika sirine berbunyi, " katanya, Selasa (5/8)

Selain itu juga, setelah dilakukan perbaikan dan aktif semua kembali lakukan perawatan secara berkala, kemudian sekali-kali adakan simulasi kebencanaan dengan melibatkan masyarakat, agar alat yang tidak pernah aktif bisa dipakai lagi, ini demi menciptakan keselamatan masyarakat jika bencana terjadi serta mengurangi jumlah korban jiwa, sebut kader PKS ini.

Iswandi Muchtar, Anggota Komisi IV DPRD Kota Padang lainnya meminta kepada pemko padang untuk terus meningkatkan kegiatan sosialisasi terkait menghadapi gempa bumi, tsunami dan bencana lainnya, agar patokan warga ada nantinya selain alat yang ada. Jika perlu libatkan hingga pengurus Masjid/Mushalla, karena mereka mampu memberikan arahan melalui alat yang ada di Masjid.

Selain itu juga, pemko padang serta pihak terkait diminta membangun shalter dikawasan zona merah, ini dilakukan dalam rangka mengurangi korban nanti jika bencana tsunami datang serta mewujudkan keselamatan masyarakat kota padang, sebut kader PKB ini.

Amrizal Hadi, Anggota Komisi IV DPRD Kota Padang lainnya menghimbau kepada masyarakat untuk tidak panik dalam menghadapi bencana. Warga harus bisa membaca situasi dengan ril dan jangan ceroboh dalam mengambil tindakan jika musibah datang, ini demi terciptanya keselamatan pada masyarakat serta mengurangi kerugian yang cukup besar.

Selain itu juga, hubungan komunikasi harus dijalin oleh masyarakat dengan semua pihak jika bencana terjadi, agar semua tahu nanti perkembangan dilapangan serta langkah yang akan kita lakukan bisa terarah ke depannya, sebut kader NasDem ini.(M7)
 
Top