N3, Tarakan ~ Pangkalan Utama TNI AL XIII (Lantamal XIII) Tarakan adalah Lantamal yang berumur masih muda, sejak peresmian peningkatan kelas pangkalan dari semula Pangkalan Kelas B (Lanal Tarakan) menjadi Pangkalan Kelas A (Lantamal XIII) hingga saat ini telah mampu melaksanakan fungsi keamanan di laut dengan dibentuknya Tim EFQR atau Tim penanggulangan reaksi cepat secara terintegrasi meliputi operasi intelijen, operasi penindakan, dukungan logistik dan bantuan hukum. 

Namun kemampuan pertahanan pangkalan belum dapat sepenuhnya dilakukan secara optimal yang disebabkan karena keterbatasan personel, alutsista maupun materiil pendukungnya. Namun hari ini personel Lantamal XIII bersyukur karena kedatangan rekan-rekan dari Korps Marinir yang akan memperkuat fungsi pertahanan pangkalan Lantamal XIII.

KRI Multatuli-561 berlabuh di dermaga Malundung Tarakan dengan membawa Pasukan Marinir gelombang pertama berjumlah 49 orang yang dikirim dari Satuan Induknya yaitu Pasmar-1 Surabaya. 

Kedatangan Pasukan Marinir ini merupakan tindak lanjut dari Kunjungan Dankormar yang terlebih dahulu ke Tarakan untuk memeriksa kesiapan sarana dan prasarana untuk penempatan personel Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan XIII (Yonmarhanlan XIII) yang berlokasi di Pantai Amal, Tarakan Timur.

Kedatangan personel Yonmarhanlan XIII disambut dengan Upacara Penyambutan di Mako Lantamal XIII Tarakan dengan Inspektur Upacara Komandan Lantamal XIII Laksamana Pertama TNI Ferial Fachroni dan Komandan Upacara Wadanyon Marhanlan XIII Mayor Marinir Kardono Samsu. Hadir dalam acara tersebut Wadan Lantamal XIII, para Asisten Danlantamal XIII dan para Kasatker Lantamal XIII. 

Selesai acara penyambutan, seluruh personel Yonmarhanlan XIII akan bergeser ke Pantai Amal, Tarakan Timur untuk menempati Rumah Fleet yang telah siap huni dengan kelengkapan meubelair yang telah terisi. (Bonar Sahat)
 
Top