N3, Payakumbuh ~ Sebelumnya menuju lokasi esposes, Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat yang diketuai Bulhanifah telah disambut Walikota Payakumbuh, Riza Falepi di Balai Kota Bukit Sibaluik. Kemudian tim penilai LSS didampingi Asisten I, Yoherman bersama Kepala Kankemenag, Asra Faber akan menyimak espose sekolah sehat dari 4 kepala sekolah.

Espose yang digelar di Pendopo Rumah Dinas Walikota Jalan Ade Irma Suryani, Payakumbuh, tampak dihadiri Tim Penggerak UKS/M Kota Payakumbuh bersama MKKS (30/08/2017).

Dalam sambutannya di pendopo, Walikota yang diwakili Asisten I, Yoherman mengucapkan selamat datang di Payakumbuh kepada Tim Penilai LSS Tingkat Provinsi Sumatera Barat.

“Kami bersama Tim Penilai LSS Tk. Kota Payakumbuh telah melakukan seleksi dari 174 sekolah yang ada di Payakumbuh, 29 diantaranya sudah berstatus Baik. Pemko Payakumbuh sangat serius dengan kesehatan yang ditekankan kepada setiap penyelenggara pendidikan dan masyarakat. Selamat melakukan penilaian,  Jika hasil kurang memuaskan beritahu kami, jika hasil sangat memuaskan silahkan informasikan ke publik. Payakumbuh siap menang,” ucap Yoherman.

Mendengarkan sambutan Walikota, Ketua TP LSS Tingkat Sumatera Barat, Bulhanifah yang menjabat Kepala Biro Pembinaan Mental dan Kesra Setdaprov menyampaikan apresiasi dengan Kota Payakumbuh yang kaya dengan prestasi hingga tingkat nasional.

“Kami merasa bangga dengan prestasi Payakumbuh, yang masih hangat dibicarakan adalah Juara I LSS Best Performance tingkat nasional yang diraih MTsN 1 Payakumbuh. Hadir bersama kami, Wiwi Febriani dan Riri dari kesra, Helmiza dari diknas, Yenny dari dinkes, Nove Hendri dari Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat, “ Bulhanifah mengenalkan.

“ Dalam penilaian kami akan visitasi ke 4 sekolah yang telah ditunjuk, yaitu TK Pembina  Kec. Payakumbuh Timur, SDN 49 Payakumbuh, SMPN 2 Payakumbuh dan SMAN 3 Payakumbuh. Di sekolah tersebut kami akan visitasi sesuai buku pedoman yang telah disusun berdasarkan Peraturan Bersama 4 Menteri Nomor : 6/X/PB/2015, 73 tahun 2014, 41 tahun 2014 dan 81 tahun 2014 yang ditetapkan tanggal 17 Oktober 2014. Kami akan meninjau  berbagai macam ruangan, sekretariat UKS, implementasi PHBS, keramahan lingkungan dan interaksi dengan sekitar. Selain itu kami juga akan melihat sejauh mana tingkat koordinasi dengan TP UKS kecamatan hingga kota, adanya puskesmas terintegrasi dengan sekolah, aplikasi pengolahan sampah dan pemanfaatan digitalisasi. Kami akan berusaha jujur dan maksimal, dimana terdapat kelemahan akan kami beritahukan secepatnya untuk perbaikan. Payakumbuh hebat,” tukuk Bulhanifah.

Ditempat yang sama, Kepala kankemenag, Asra Faber merasa bangga dengan espos yang disampaikan 4 kepala sekolah.

“Sesuai dengan PB 4 Menteri, kita di kankemenag juga harus aktif berpartisipasi menyukseskan program pemerintah ini. Bagaimanapun, Kemenag adalah mitra kerja Pemko Payakumbuh, yang harus mendukung terlaksananya pembangunan di segala bidang di Payakumbuh,” ungkap Asra Faber

Di Pendopo Rumdin Walikota, 4 orang kepala sekolah langsung melakukan espose dan disaksikan TP LSS Tingkat Provinsi Sumatera Barat bersama Asisten I dan kepala kankemenag. Espose dan visitasi ke lapangan ini juga dihadiri Pejabat bagian Kesra, Humas dan Protolan, TP UKS/M Kota Payakumbuh, pengawas sekolah dan madrasah bersama MKKS.**
 
Top