N3, Solsel ~ Dalam rangka Bulan Bakti Peternakan dan Kesehatan Hewan Tahun 2017. Solok Selatan ditunjuk menjadi tuan rumah penyelenggaran acara Live Stock Tahun 2017 Tingkat Provinsi Sumatera Barat, pada tanggal 18-20 September 2017 di Halaman kantor Bupati Solok Selatan.

“live stock merupakan event untuk promosi dan pameran produk peternakan,” ujar Kepala Dinas (Kadis) Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumatera Barat (Sumbar), Erinaldi di Padang Aro.

Event tersebut merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan secara bergulir di Kabupaten dan Kota di Provinsi Sumatera Barat. Tempat bertemunya produsen dan buyer dalam jaringan kerjasama agribisnis peternakan.

“Ini juga kesempatan bagi pengusaha pengolahan pakan dan agroindustri untuk melihat dan menyaksikan perkembangan perkembangan teknologi industri dan berbagai isu terbaru, serta membuka peluang pengembangan jaringan dan membangun kerjasama bisnis/kemitraan,” ujar Erinaldi.

Dan bagi Dinas Peternakan merupakan kesempatan untuk melakukan evaluasi keberhasilan pembangunan peternakan di Provinsi Sumatera Barat, serta akan dijaring ternak-ternak unggul yang baru.

Pada acara live stock tersebut juga akan diselenggarakan 17 kegiatan yang diantaranya adalah kontes ternak, lomba cerdas cermat tingkat SD, Pertandingan Futsal, Penyerahan sertifikat ISO, SIWAB Award, dan lain-lain.

Bupati Solok Selatan, H. Muzni Zakaria menyambut baik kegiatan tersebut, bahkan Baputi mengajak seluruh komponen masyarakat dan dinas untuk menyukseskan acara tersebut.

“ini even besar yang membutuhkan kerjasama lintas dinas, mulai dari pertanian, pendidikan, bahkan sampai dengan PLN dan tentunya masyarakat, kita harus bahu membahu agar acara ini menjadi sukses,” ujar Bupati

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Solok Selatan, Tri Handoyo juga mengatakan bahwa akan ada banyak sekali peserta yang terlibat. “Sekitar 5000 peserta yang akan terlibat dalam event tersebut, dan melibatkan juga 400 hewan ternak,” jelasnya.

“Bahkan untuk kegiatan SIWAB (Sapi Indukan Wajib Bunting) Solok Selatan diharuskan menyediakan 100 sapi betina yang sedang bunting untuk dilakukan penilaian,” tambahnya.**
 
Top