N3 Limapuluh Kota - Salah satu Sekolah Dasar di Kabupaten Limapuluh Kota berhasil untuk melaju ke tingkat nasional untuk merebutkan penghargaan bergengsi. SDN 03
Mungo, Kecamatan Luak ikut serta sebagai salah satu Sekolah Dasar yang dinilai untuk menerima penghargaan Adiwiyata Nasional 2017. 


“Sekolah ini sedang menuju dalam periode persiapan,”ucap Maizur Kepala Unit Pelaksana Teknis Pendidikan Kecamatan Luak pada Senin (31/7) . Ditingkat Sumbar, SDN 03 Mungo itu, merupakan satu dari beberapa sekolah lainnya yang ikut melaju ke tingkat nasional.


Bahkan, SDN 03 Mungo juga sudah ditinjau oleh tim Adiwiyata Sumbar dan Limapuluh Kota. “Lingkungan sekolah terus dihijaukan. Tak hanya bunga tetapi juga berbagai aneka tumbuhan obat lainnya yang bisa bermanfaat lebih,”ucap Maizur lagi.



Dalam kriteria penilaian, tak hanya sekolah saja yang menjadi fokus utama dalam merebut Adiwiyata Nasional 2017. Melainkan  dari lingkungan sekitar dan masyarakat yang ada seputaran SDN 03 Mungo. “Kita juga melibatkan orang tua dan masyarakat sekitar lingkungan sekolah dalam mendukung Adiwiyata ini,”ucap Maizur.


Kepala UPT Pendidikan Luak tersebut menjelaskan, SDN 03 Mungo bukan kali ini ikut dalam penghargaan skala nasional. Pada 2016 lalu, SDN 03 Mungo itu juga sukses melaju ke tingkat nasional dalam pemilihan sekolah sehat.


“SDN 03 Mungo merupakan sekolah sehat Sumbar. 2016 lalu berhasil mewakili Sumbar ke ajang  Sekolah Sehat Nasional,”terangnya lagi. Meski demikian, SDN 03 belum berhasil jadi yang terbaik di pentas nasional. SDN 03 Mungo baru berhasil berada di posisi 10 besar Sekolah Sehat Nasional. 


Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Limapuluh Kota, Indrawati ketika dikonfirmasi www.nusantaranews.net (04/8) mengatakan sangat mengapresiasi dan mendukung penuh usaha ini. “Baik pengawas, kepala sekolah dan guru guru sudah banyak mendapatkan pelatihan karena disamping itu SDN 03 Mungo juga termasuk sekolah rujukan. Untuk itu kebersamaan dan krea SDN 03 Mungo tifitas mereka sangat kita harapkan”, ujar Indrawati.(Rahmat Sitepu)


 
Top