N3, Solsel ~ Sebanyak 32 Jamaah Calon Haji (JCH) Solok Selatan (Solsel) dilepas Bupati Solsel, H.Muzni Zakaria di aula kantor bupati setempat.

Ketua Tim Pendamping Haji Daerah (TPHD) Solsel, Novirman mengatakan jika dibandingkan tahun 2016, JCH Solsel mengalami penurunan jumlah kuota. Sebab, pada 2016 JCH Solsel berjumlah 41 orang. “Berdasarkan laporan Embarkasi, istitoah terakhir dilakukan pada Senin (7/8). Semoga kesehatan fisik semua JCH tidak bermasalah atau terindikasi penyakit dan bisa diberangkatkan seluruhnya,”katanya.

Turut hadir saat pelepasan, Kapolres Solsel, AKBP M. Nurdin, Sekdakab Solsel, Yulian Efi, Kakankemenag Solsel, Syahrul.M dan seluruh JCH beserta OPD terkait.

Ia menegaskan, seluruh JCH Solsel berangkat ke Padang pada Minggu, (6/8) dan pada Senin (7/8) diberangkatkan ke bandara Internasional Minangkabau menuju Tanah Suci setelah melakukan pemeriksaan kesehatan terakhir. “Dari JCH ada yang berisiko sedang, tinggi dan tidak berisiko. Ada sekitar 11 orang berisiko tinggi sebab berusia diatas 60 tahun. Kami juga berterimakasih pada Pemkab Solsel yang telah memfasilitasi JCH mulai dari manasik hingga pelepasan,”ungkapnya.

Sementara, Bupati Solsel, H.Muzni Zakaria berpesan bahwa semua JCH merupakan orang yang beruntung dan harus percaya kalau haji merupakan panggilan yang kuasa. “Berhaji tidak saja harus memiliki kecukupan materi namun.

Terkadang karena panggilan seorang yang miskin pun mendapat kan panggilan itu. Saya berpesan, dalam pelaksanaan ibadah haji di tanah suci nantinya, jangan terburu-buru. Sempurnakanlah ibadah sesempurnanya dan pandai menjaga waktu sesuai kapasitas, makan dan istirahat.

Terakhir, saling membantu tidak hanya sesama tapi juga jamaah lain. Semoga berangkat dan pulang sama jumlahnya dan jadi haji mabrur,”terangnya. (Okt)
 
Top