N3, Tarakan ~ Putusnya Jalur Backbone telkom Sangata-Mata Manis-Gunung Sekerta Putus komunikasi membuat Kota Tarakan terganggu. Hal ini mengakibatkan mulai tanggal 12-15 Agustus 2017 layanan High Speed Internet Kalimatan Utara masih sangat bergantung pada kondisi jalur backbone yang digelar TELKOM  sepanjang 806 km dari Samarinda – Tarakan. 

Menurut kepala Humas Telkom Tarakan Mustadinata menjelaskan kepada Wartawan untuk mengamankan dan menjaminkan kualitas layanan High Internet Tersebut TELKOM telah menugaskan 8 regu ( masing-masing regu 4 orang personil) untuk patroli sebagai langkah antisipasi apabila terjadi gangguan.  

" Ada beberapa kendala mas di beberapa titik dimulai longsor, hingga kerusakan vandalisme mas" Jelas Mustadinata.

Selain kondisi demografi jalur ini juga rentan terhadap tanah longsor, kebakaran hutan dan vandalisme, malah akhir-akhir ini jalur ini sangat sering terjadi “FO-CUT”  baik oleh alam maupun akibat kegiatan yang berada di jalur jalan Provinsi/Kabupaten akibat pembangunan atau pemekaran kota yang telah di programkan oleh pemerintah, demikian ungkap  Mustadinata-Humas Telkom Kaltara tadi sore (14/08) di Tarakan, saat memberikan keterangan kepada media. Bonar Sahat
 
Top