N3, Solsel ~ Sebagaimana yang disampaikan oleh Bupati Solok Selatan, H. Muzni Zakaria, bahwa Menteri LHK sudah setuju untuk meresmikan jalur tersebut.

Bahkan katanya, waktu peresmiannya nanti, oleh Menteri menyatakan akan mengundang Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

“Persetujan finalisasi jalur ini kita konfirmasikan kepada Menteri LHK (Siti Nurbaya, red) saat acara peresmian Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera Dharmasraya di PT Tidar Kerinci Agung,” kata Bupati pada insan pers di Solok Selatan.

Diketahui, Presiden Jokowi ditahun 1983 sewaktu masih berstatus mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM), sudah pernah menaklukkan Gunung Kerinci.

“Kita berharap sejarah tersebut akan terulang kembali saat peresmian ini. Nanti kita pasang baliho foto Presiden ketika naik gunung,” ujarnya.

Tak hanya itu imbuh Bupati, Menteri LHK juga sudah memerintahkan kepada Kepala Balai TNKS untuk segera memfinalisasikan pendakian kerinci melalui Bangun Rejo itu.

“Kita yakini, pada prinsipnya Kepala Balai TNKS sudah merestui dan menyetujuinya,” pungkasnya.

Diketahui, saat ini jalur resmi pendakian Gunung Kerinci satu-satunya berada di Desa Kersik Tuo, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi.

Gunung Kerinci via Solsel
Jalur Pendakian Gunung Kerinci Via Solsel

Dibukanya jalur pendakian via Solsel, Bupati optimis jumlah pengunjung akan meningkat menjajal jalur baru, khususnya wisatawan mancanegara dan minat khusus. Dengan demikian katanya pemenuhan target Nasional dari Kementerian Pariwisata akan tercapai.

“Kemenpar tahun 2019 mentargetkan 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia dan pergerakan wisatawan nusantara sebanyak 275 juta, serta indeks daya saing pariwisata Indonesia agar dapat berada di ranking 30 dunia. Pembukaan jalur tersebut supaya Solsel juga dapat berkontribusi membantu pencapaian target dan meningkatkan devisa negara ini,” demikian Muzni.(HS/BI)
 
Top