Peringataan HARKOPNAS Ke 70 Di Payakumbuh Sarat Kegiatan

N3 Payakumbuh - Ratusan peserta Olahraga Jalan santai meriahkan rangkaian peringatan Hari Koperasi ke 70.  Dimulai dari pelataran parkir Medan Nan Bapaneh Ngalau Indah Payakumbuh menuju Jalan Soekarno-Hatta terus kedepan DPRD dan kembali Finis di Ngalau Indah berlangsung Minggu (13/8).


Kegiatan jalan santai ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Koperasi dan UMKM serta melibatkan unsur masyarakat, pelajar, pengurus Koperasi, serta unsur Forkopimda Payakumbuh. Selain itu ikut juga Plh. Sekdako Payakumbuh Amriul, Asisten III Iqbal, Kadis Koperasi UMKM Dahler, serta sejumlah Pimpinan OPD dan ASN dilingkungan Pemko Payakumbuh.

  
Menurut Amriul, kegiatan ini merupakan rangkaian dari peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) yang dilaksanakan setiap tahunnya pada tanggal 12 Juli. “Jalan Santai ini merupakan puncak peringatan Harkopnas untuk tingkat Kota Payakumbuh. Setelah sebelumnya, Pemko melalui Dinas Koperasi dan UMKM telah melakukan berbagai lomba sejak tanggal 12 yang lalu,” kata Amriul dalam sambutannya.


Ditambahkan, puncak peringatan Harkopnas ke 70 ini sebelumnya dipusatkan di Makassar, Sulawesi Selatan. Adapun tema Harkopnas ini adalah “Koperasi menuju pemerataan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan untuk memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)”. “Diharapkan, Koperasi yaang juga sebagai Soko guru Perekonomian mampu berperan dalam perekonomian Indonesia, baik dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, serta mengurangi pengangguran,” kata Amriul lagi.


Selain itu, menurut Kadis Koperasi UMKM, Dahler, dalam menyambut Harkopnaske 70 ini, Pemko menggelar beberapa kegiatan yang melibatkan koperasi-koperasi yang terdaftar. Dan hari ini, sekaligus pembagian hadiah pada para pemenang. “Perlombaan ini sebagai bentuk silaturahmi antar pengurus koperasi serta menambah wawasan pada masayarakat dan pelajar Payakumbuh tentang sejarah dan kemajuan Koperasi Indonesia,” ujar Dahler.


Ada 7 kegiatan yang diselenggarakan oleh dinas Koperasi dan UMKM untuk memeriahkan Harkopnas ke 70 ini. Kegiatan tersebut yaitu Acara Tangkas terampil Koperasi tingkat SMA yang dimenangkan oleh MAN 2 Payakumbuh, Acara Tangkas Terampil Gerakan Koperasi yang dimenangkan oleh KPRI MAN 1 Payakumbuh. Selanjutnya, Penilaian Koperasi Berprestasi yang berhasil diraih oleh KPRI Kencana BKKBN. Keduanya dilaksanakan pada tanggal 2 Agustus 2017.


Kemudian, Lomba Lari 5K Putra dan Putri tingkat SMA dan SMP se Kota Payakumbuh pada tanggal 4 Agustus 2017. Dimenangkan oleh Rahmat Hidayat (SMPN 9 Payakumbuh) dan Aulia Rahmi (SMPN 2 Payakumbuh) untuk tingkat SMP sedangkan untuk tingkat SMA, dimenangkan oleh Val Yauma (MAN 2 Payakumbuh) dan Siska Putri M (SMAN 3 Payakumbuh).


Ada juga Seminar sehari tentang “Pandangan Islam terhadap Gerakan Koperasi” dengan narasumber Nurman Agus, Sekretaris MUI Prov Sumbar yang diikuti oleh 60 orang dari 70 Koperasi yang diundang. Selanjutnya Anjangsana pada tanggal 11 Agustus 2017 ke SLB Tuna Rungu Kel. Sawah Padang Aur Kuning Payakumbuh Selatan. “Dan Puncaknya Jalan Santai dengan berbagai doorprize menarik bagi peserta,” tutup Dahler.(Rahmat Sitepu)
Previous Post Next Post