N3, Padang ~ Kemeriahan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72 sangat terasa di Kecamatan Padang Selatan, tepatnya di bawah Jembatan Siti Nurbaya, Kelurahan Batang Arau. Di tempat ini warga bersama Aparatur Sipil Negara (ASN) setempat menggelar aneka lomba bertajuk Festival Siti Nurbaya Wisata Merdeka, Sabtu (19/8/2017).

Selain melombakan "mambaka ikan" atau membakar ikan sebagai kuliner khas, pada festival ini juga ada lomba lari memakai terompah tangkelek, lomba lagu "Padang Kota Tercinta" dan lagu perjuangan. Pesertanya terdiri dari ASN dari 12 kelurahan di kecamatan ini ditambah unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimka).

Camat Padang Selatan, Fuji Astomi, turut ambil bagian dalam beberapa lomba. Tak ayal kehebohan terjadi ketika camat bertubuh gempal ini ikut lomba lari memakai terompah tangkelek. Walaupun jatuh bangun, ternyata camat terbaik Sumbar ini bisa memenangkan lomba bersama timnya.

Lomba membakar ikan tidak kalah heboh. Masing-masing peserta menunjukkan kebolehannya menghasilkan ikan bakar yang bukan saja enak, tapi juga memiliki tampilan menarik. Sedangkan, aroma bumbu ikan panggang yang menyebar sungguh menggiurkan selera.

Begitu juga dengan lomba lagu "Padang Kota Tercinta" dan lagu perjuangan. Para peserta antusias menampilkan kemampuannya.

Menurut Fuji Astomi, Festival Siti Nurbaya Wisata Merdeka ini dijadikan agenda tahunan di Padang Selatan. Tujuannya, disamping memeriahkan HUT Kemerdekaan, juga sebagai ajang promosi pariwisata.

"Kegiatan ini sebagai ajang promosi dan sosialisasi potensi pariwisata," kata Fuji Astomi.

Perhelatan ini ditutup dengan makan bersama di atas hamparan tikar atau makan bajamba di sisi sungai Batang Arau.(DU/Zal/Taf)
 
Top