Kabupaten Pesisir Selatan, merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Dimana kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa.

Kabupaten Pesisir Selatan yang Ibu kotanya ialah Painan, sebelah utara berbatasan dengan Kota Padang, sebelah timur dengan Kabupaten Solok dan Provinsi Jambi, sebelah selatan dengan Provinsi Bengkulu dan sebelah barat dengan Samudera Indonesia.

Adapun topografinya terletak di pinggir pantai, dengan garis pantai sepanjang 218 kilometer Topografinya terdiri dari dataran, gunung dan perbukitan yang merupakan perpanjangan gugusan Bukit Barisan. Berdasarkan penggunaan lahan, 45,29 persen wilayah terdiri dari hutan, termasuk kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, Cagar Alam Koto XI Tarusan, dan rawa gambut.

Kabupaten Pesisir Selatan yang terletak wisata bahari menjadi keunggulan kawasan perbatasan. Panorama alam nan cantik dan mempesona, seperti geliat wisata Pantai Batu Kalang dalam kawasan wisata Mandeh terletak di Kenagarian Ampang Pulai Kecamatan Koto XI tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Sekarang kawasaan wisata ini oleh pemerintah pusat masuk dalam Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Nasional (RIPPNAS) mewakili kawasan barat Indonesia

Pesona Pantai Batu Kalang dengan hamparan pasir putihnya, juga dihiasi bebatuan "granit" berukuran besar, sehingga menjadi pesona daya tarik wisatawan untuk mengunjunginya. 

Oleh karena itu perlu dipertahankan dan dijaga keberadaannya, terutama dari "abrasi" pantai, saat ini 
ancaman abrasi pantai dikawasan pantai batu kalang telah mencemaskan Masyarakat yang berdomisili di sekitar lokasi.

Namun ancaman itu telah mulai berkurang, dimana pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktoral Jenderal Sumber Daya Air Provinsi Sumatera Barat, telah menata dan membangun "grip" (pemecah ombak) melalui kepercayaan yang diemban oleh rekanan PT Graha Bangun Persada.

Ternyata amanah yang diberikan kepada PT. Graha Bangun Persada tidaklah sia-sia, dan sebagai pelaksana pekerjaan, pihak perusahaan mampu menyelesaikan pekerjaan pengamanan abrasi pantai sesuai dengan harapan. 

Pada kesempatan itu, Efridinal walinagari Ampang Pulai mengucapkan terimakasih kepada PT. Graha Bangun Persada, dan terutama kepada pemerintah yang telah memberikan perhatian pembangunan kepada warganya dari ancaman abrasi pantai.

Mudah-mudahan, dengan selesainya pengerjaan ini, akan berdampak bersar terhadap kunjungan wisata Pantai Batu Kalang. Dengan harapan, wisata Pantai Batu Kalang bisa menjadi "Destinasi" wisata di Sumatera Barat, khususnya di Kabupaten Pesisir Selatan, harap Efridinal.
 
Top