N3 Payakumbuh - Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Payakumbuh, akhirnya memasang lampu rambu-rambu peringatan atau warning light, di pertigaan jalan Tan Malaka simpang jalan Nasrun Kelurahan Sungai Durian, Simpang Lamposi Tigo Nagari Kota Payakumbuh.


Kepala Dinas Perhubungan Kota Payakumbuh melalui Kabid  Lalu Lintas Angkutan Syamsurial mengatakan adanya lampu peringatan atau APILL ( Alat Pengendali Isyarat Lalu Lintas) sekaligus untuk meminimalisir insiden kecelakaan dilapangan.

“Dengan adanya lampu peringatan, pengguna jalan akan tahu dan mengerti, sehingga mengurangi terjadinya kecelakaan,” ujar Syamsurial, saat ditemui di ruangan kantornya (22/8).

Namun Syamsurial menyebutkan, pemasangan lampu peringatan tersebut untuk sementara hanya di satu titik, karena kata dia, masih terkendala dengan keterbatasan dari anggaran.

Akan tetapi, lanjut dia, di sejumlah titik perempatan akan dipasang lampu peringatan maupun rambu-rambu lalu lintas, soalnya waktu pemasangan lampu, dirinya belum mengetahui hal tersebut, pasalnya, pihak Pemda baru menganggarkan untuk pemasangan di satu titik saja pada TH anggaran 2017 ini.

Syafrizal salah seorang tokoh masyarakat Kecamatan Lamposi Tigo Nagari sangat senang dan berterima kasih kepada Pemerintah Kota Payakumbuh karena warning light yang selama ini kita harapkan dan tunggu-tunggu sudah terpasang.

Syafrizal berharap dengan telah di pasangnya lampu warning light ini dapat meminimalisir kecelakaan di persimpangan tersebut, dan kami juga memohon kiranya Pemko Payakumbuh dapat menambah pemasangan lampu warning light lagi di Pertigaan simpang Parambahan Kecamatan Lamposi Tigo Nagari Kota Payakumbuh karena disini juga rawan dan cukup ramai pengguna jalan. ungkap Syafrizal.

Dengan demikian, adanya lampu peringatan tersebut, pengendara diharapkan akan lebih berhati-hati lagi dan tetap mengutamakan keselamatan.

Di tempat berbeda Dinas Kominfo melalui Kabid e-Government Armein Busra mengatakan, Pemko Payakumbuh melalui Diskominfo akan melengkapi pemasangan CCTV pada tahun 2018 nanti, sekarang cuma baru Simpang Kasda dan Tugu Adipura yang sudah di lengkapi CCTV.

Armein juga menambahkan, seluruh persimpangan yang ada lampu Warning Light tersebut, nantinya akan kita lengkapi dengan CCTV, sehingga kita dapat memantau kondisi dan keadaan maupun kejadian di seluruh persimpangan yang ada Warning Light nya di Kota Payakumbuh nantinya.(Rahmat Sitepu)
 
Top