N3, Padang ~ Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo menerima Adipura dari Presiden Joko Widodo. Penghargaan tertinggi untuk kota paling bersih dan rapi dalam penataan lingkungan ini menjadi "kado" HUT ke-348 Kota Padang.

"Alhamdulillah, ini kado buat HUT Kota Padang," ujar Walikota Padang saat dikonfirmasi lewat ponselnya, Rabu (2/8) pagi.

Seperti diketahui, Padang meraih penghargaan Adipura untuk kategori Kota Besar setelah delapan tahun penghargaan tersebut lepas. Bertepatan dengan bulan Agustus menjelang HUT Kota Padang, akhirnya lambang supremasi bidang lingkungan itu kembali direbut.

Seperti disebut dalam undangan, Adipura akan diserahkan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo kepada kepala daerah penerima. Adipura diserahkan di Plaza Ir Soedjono Soerjo Manggala Wanabakti Jakarta Pusat, pukul 08.00 Wib.

Mahyeldi mengatakan, diraihnya Adipura berkat semangat dari masyarakat dalam menjaga kebersihan. Termasuk upaya keras dari pasukan kuning yang selama ini bekerja tanpa kenal lelah.

"Adipura sudah delapan tahun meninggalkan kita. Sekarang kita raih kembali. Terimakasih atas semangat dan dukungan seluruh pihak," ujar Mahyeldi di ujung teleponnya.

Mahyeldi menekankan, ke depan pihaknya akan terus membudayakan hidup bersih di tengah masyarakat. Termasuk selalu mengingatkan warga untuk membuang sampah sesuai waktu yang telah ditetapkan.

"Kita akan tanamkan budaya hidup bersih di tengah masyarakat sehingga tidak ada lagi warga yang buang sampah sembarangan," tukuknya.

Saat ini satu unit mobil truck sweeper sudah berada di Padang. Truck ini akan beroperasi di Padang untuk membersihkan jalur utama yang ada.

"Ini merupakan upaya kita untuk meningkatkan kebersihan," jelas Walikota Padang.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang Al Amin juga sudah berada di Jakarta. Al Amin beserta rombongan akan mendampingi Walikota Padang saat menerima Adipura.

"Setelah diterima, Adipura akan diboyong ke Padang. Nanti akan kita arak bersama-sama," pungkasnya.(Charlie / Zal / DU / Joim / Taf)
 
Top