N3, Tarakan ~ Dalam kunjungan kerja yang dilakukan oleh Karantina Gorontalo ke Karantina Tarakan, drh Indra dewa (Ka.UPT) beserta drh. 

Menurut Titin Qomariyah (Kasie KH) berkesempatan untuk memberikan presentasi materi tentang si CERMAT, sebuah inovasi teknologi berbasis web yang telah dikembangkan oleh Karantina Gorontalo. 

" Kegiatan digelar di Aula Kantor Kantor Karantina Tarakan pada Rabu (2/8) pukul 10.00 wita dan diikuti oleh seluruh pejabat struktural dan pejabat fungsional karantina hewan dan tumbuhan".

Amril, S.Sos, MM selaku Kepala Karantina Tarakan menyampaikan ucapan terima kasih kepada drh. Indra dewa dan drh.

" Titin Qomariyah yang datang kesini untuk dapat bersilaturahmi di Tarakan dan saling berkoordinasi untuk kemajuan organisasi".

Sementara itu, drh Indra dewa selaku Kepala Karantina Gorontalo menyampaikan presentasi tentang SI CERMAT (Sistem Informasi Cepat, Efektif, Responsif, Mudah, Aman dan Transparan). 

"Si Cermat ini merupakan aplikasi berbasis web tentang karantina pertanian yang dapat digunakan di handphone yang berbasis android. Kelebihan sistem ini adalah tersedia dalam bentuk website android sehingga dapat diakses oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun" , Ujar drh Indra. 

Untuk menciptakan inovasi perlu adanya kerjasama, dukungan antar semua pihak. kelebihan lain dari SI CERMAT, masyarakat umum dapat mengetahui persyaratan karantina atau sekedar membaca informasi dan persyaratan apa saja yang diperlukan untuk mengurus karantina. 

"Selain itu, sistem ini juga bisa link dengan instansi lain" ujarnya. 

Dampak terbaik dari sistem ini bisa mengurangi Saber pungli, pungkas drh Titin selaku Kasi Karantina Hewan yang turut hadir pada acara tersebut. (Bonar Sahat).
 
Top