N3, Solsel ~ Uda Uni duta wisata Kabupaten Solok Selatan (Solsel) 2017, melakukan silahturahmi dengan para jurnalis yang bertugas di daerah tersebutdi objek wisata Puncak Bangun Rejo (BRJ).

Uda Duta Wisata, Muhammad Rizki Illahi, selaku penggagas kegiatan tersebut, mengatakan, silaturahmi yang dilaksanakan bersama para jurnalis yang bertugas di Solsel ini, akan semakin terjalin hubungan kerjasama.

Dimana, lanjutnya, jurnalis Solsel memiliki wadah yakni jurnalis sadar wisata yang bertujuan untuk mempromosikan pariwisata Solsel. "Kami sebagai uda uni duta wisata, juga memiliki program untuk memajukan dan mengenalkan potensi pariwisata yang ada di Solsel," terang Rizki.
"Hubungan kerjasama dan silaturahmi yang baik antara jurnalis dan uda uni duta Solsel, akan lebih mudah mengenalkan pariwisata Solsel," kata Alumni Bakri University ini.

Dijelaskan, sesuai hasil rapat bersama uda uni, Senin lalu di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Muaro Labuah, terbentuklah beberapa program yang akan dilakukan.

Seperti diuraikan RiZki, Program bhakti sosial di lokasi destinasi wisata selama satu tahun kedepan di dua destinasi wisata.
"Dari bakti sosial yang dilaksanakan di destinasi wisata, diharapkan masyarakat di sekitar objek wisata ataupun secara umum yang ada di Solsel akan mampu menerapkan Sapta Pesona," jelasnya dimana ketua program ini adalah uda fotogenik, Fajar Maunala Firman.

Program utama adalah melakukan Bhakti Sosial minimal 2 destinasi pilihan. Hal ini untuk menerapkan Sapta Pesona dikalangan masyarakat. Sehingga akan tumbuh rasa memiliki terhadap obyek wisata tersebut.

Program kedua adalah melaksanakan kerjasama dengan komunitas baik lokal Solsel maupun komunitas di Sumatera Barat. "Salah satunya adalah dengan Beasiswa rumah gadang, kami akan mencari siswa prestasi kurang mampu, sebagai ketua pelaksana saya sendiri," tambahnya.

Program ketiga adalah mengadakan karnaval yang diikuti oleh anak-anak palajar dari SMP, SMA yang akan memamerkan hasil karya seni siswa.

"Ide ini dari Uni Respa Syafrizoni, sebagai uni favorite Solsel 2017, hasil karya tersebut akan dipamerkan di RTH Muaralabuh nantinya," sebutnya.

Program keempat, ikut aktif dalam program religi atau keagamaan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Solok Selatan.
"Contohnya terlibat dalam Program Safari Ramadhan. Ide tersebut muncul dari Uda religi Muhammad Aldi Razak," ujarnya.

Kabid Pemasaran dan Pengembangan Pariwisata Solsel, Yolni Hendra mengusulkan agar bhakti sosial dapat diadakan di dua obyek wisata unggula n yaitu kawasan Saribu Rumah Gadang dan Goa Batu Kapal.

Sementara, salah seorang jurnalis Solsel, Rivo Rinaldi mengusulkan, pemenang dan finalis Uda Uni Solsel 2017 agar menggunakan selendang uda uni yang telah mereka dapati. Sehingga masyarakat mengetahui kinerja dari Uda Uni tersebut.

"Dengan memakai selendang tersebut, masyarakat akan tahu Uda Uni dan predikat yang disandang, nantinya masyarakat akan tahu kerja dari uda uni," ungkap rivo. (rls)
 
Top