Kepsek SMA 4 Kota Payakumbuh (Maksiwel)
 Akhirnya SMA Kota Payakumbuh menjuarai ivent FL2SN tingkat Sumbar untuk ketiga kalinya dari tahun 2015, 2016 dan 2017 yang dilaksanakan dari hari Selasa tanggal 11/7 s.d kamis 13/7/2017 yang dilaksanakan di Padang. 

Dari beberapa cabang yang di ikuti oleh SMA Payakumbuh utusan yang di kirimkan oleh Dinas Pendidikan oleh Pemko Payakumbuh, 3 juara di dominasi oleh SMAN 4 Payakumbuh dibawah komando Maksiwel selaku Kepala Sekolah SMAN tersebut, dan satunya medali di peroleh oleh siswa SMAN 3 Payakumbuh serta Juara 1 Solo Putra SMAN 2 Payakumbuh.

Pelatih 4 Pilar Irwan Aswandi M.Pd (Wan Batak)
Untuk tingkat Provinsi ada 3 FL2SN yang di ikuti oleh SMAN 4 Payakummbuh terdiri dari 3 cabang yaitu : 1.Gitar Solo,2.Monolog,3.Tria (Gitar Solo Putra dan Gitar Solo Putri),  di bidang tari,Poster,puisi,nyanyi solo.Dari ke tiga cabang yang di ikuti oleh siswa SMAN 4 Kota Payakumbuh semuanya di borong oleh siswa SMAN 4 dan selanjutnya ivent FL2SN tingkat nasional yang akan dilaksanakan bulan September FL2SN tingkat nasional di Kupang nantinya.

Disebutkan juga oleh Maksiwel bahwa SMAN 4 Payakumbuh juga mewakili Kota payakumbuh dalam lomba debat 4 pilar yaitu :  Pancasila, UUD 1945, GBHN dan tahun kemaren SMAN 4 Juga juara untuk Kota payakumbuh dan dapat kepercayaan untuk mewakili Kota Payakumbuh ke Padang untuk mengikuti Debat 4 Pilar tersebut yang akan dilaksanakan pada tanggal 24 Juli nantinya di Padang. Adapun perolehan medali Kota payakumbuh sebagai juara umum untuk ke tiga kalinya dari tahun 2015, 2016, dan 2017 dalam FL2SN tingkat SMA untuk tahun 2017,Payakumbuh memperoleh, 5 Emas,2 perak,dan 1 perunggu.

Berikut Torehan Medali :
1.Juara 1 Teater monolog : SMAN 4 Payakumbuh (Sayafira salsabilla)ke tingkat nasional.
2.Juara 1 Solo Gitar Putra :SMAN 4 Payakumbuh (Anzal Qodri) ke tingat nasional.
3.Juara 1 Kriya Putri : SMAN 4 Payakumbuh ( Aulia Rezki Wizla )ke tingkat nasional.
4.Juara 1 Desain poster Putra : SMAN 3 Payakumbuh (Taqi Taheri) ke tingkat nasional.
5.Juara solo song putra : SMAN 2 Payakumbuh (Habiburrahman) ke tingkat nasional.
6.Juara II gitar solo putrid : SMA RJ Payakumbuh.
7.Juara II tari berpasangan : SMAN 2Payakumbuh.
8.Juara III Kriya Putra : SMA RJ  Payakumbuh

Para juara dengan guru pembimbingnya
Maksiwel selaku Kepala Sekolah SMAN 4 Payakumbuh sangat beterima kasih terutama kepada anak didiknya yang telah membawa nama harum Kota Payakumbuh di ivent yang bergengsi. Ini merupakan motivasi bagi siswa lainnya untuk berkarya, dan juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat yang telah sama-sama berusaha dan berdoa untuk yang terbaik Kotanya di kancah FL2SN untuk berkiprah di tingkat Nasional nantinya.

Dan bagi para juara tersebut SMAN 4 Kota Payakumbuh memberikan reward berupa uang dalam amplop yang tertera langsung di amplop para juara tersebut .Dan pemberian reward ini  merupakan motivasi mereka untuk lebih berkarya di bidangnya dan lebih memotivasi mereka untuk ajang FL2SN tingkat Nasional yang akan di adakan di Kupang pada bulan September nantinya,ujar maksiwel.

Irwan Aswandi M.Pd (Wan Batak) selaku pelatih 4 Pilar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara (Pancasila,UUD 45 dan GBHN) di SMAN 4 Payakumbuh mengatakan bahwa SMAN 4 akan mengikuti lomba cerdas cermat tingkat Sumbar yang akan di laksanakan di Padang pada tanggal 28 Juli nantinya yang dapat kepercayaan dan Amanah dari Pemko untuk mengikuti ajang bergengsi tersebut yang akan di selenggarakan oleh MPR (Majelis Permusyawaratan Rakyat) di Padang.

Dan mudah-mudahan jika di lihat persiapan sekarang ini untuk ivent cerdas cermat tersebut SMAN 4 Payakumbuh akan go nasional untuk tahun ini.Apalagi jika siswa SMAN 4 Payakumbuh lolos ke nasional Ivent cerdas cermat tersebut maka  mereka akan berlaga di gedung MPR nantinya dan akan di hadiri oleh Wapres Jusuf kalla dan salah soalnya akan di bacakan nantinya oleh Jusuf kalla selaku Wakil Presiden,ujar wan Batak.

Para juara dengan piala serta rewardnya
Di sampaikannnya bahwa tentang keberhasilan yang dicapai oleh SMAN 4 Payakumbuh di bawah kepemimpinan Maksiwel menggondol 3 cabag bergengsi di FL2SN ini menunjukkan bahwa Maksiwel merupakan Kepsek yang luar biasa karena selaku Kepsek dia  bisa menyalurkan bakat anak didiknya sesuai dengan kemampuan mereka sehingga kelihatan hasil yang di peroleh anak didiknya sekarang ini.

Maksiwel selaku Kepsek  mendidik siswanya kalau kita perhatikan, dia bukan saja mendidik tentang nilai angka-angka di UN saja tetapi di bidang ekstra kuler talenta bakat anak didiknya juga sangat menjadi perhatiannnya selaku Kepsek untuk memajukan sekolah yang di pimpinnya.

Ini merupakan tabungan bagi siswa berprestasi tersebut untuk menjadi mahasiswa undangan untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi nantinya, ujar Wan Batak.**
 
Top