N3, Malang – Pawai Budaya mewarnai Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi). Pawai budaya digelar di Jalan Ijen Kota Malang hingga Jalan Semeru. Masing-masing delegasi dari 98 anggota Apeksi turut meramaikan pawai budaya ini. Setiap daerah menunjukan tarian dan budaya masing-masing dihadapan puluhan wali kota se-Indonesia.

Keikutsertaan Kota Tarakan dalam pawai budaya yang digelar dalam rangka Rakernas APEKSI di kota Malang mendapat sambutan meriah dari masyarakat kota Malang dan daerah sekitar. Mereka sudah memenuhi jalan yang dilalui peserta pawai sejak pukul 12.00 WIB.
Kota Tarakan sendiri menampilkan replika Padau Tuju Dulung yang merupakan bagian dari kekayaan budaya khas suku tidung. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pawai budaya ini semakin menarik karena melibatkan putra putri Tarakan yang sedang menempuh pendidikan di berbagai universitas di Kota Malang, yang secara khusus dilatih untuk menampilkan berbagai tarian khas dari bumi paguntaka.

Wali Kota Tarakan, Sofian Raga, pada kesempatan yang sama berkesempatan menyerahkan alat musik gambus khas suku tidung kepada Wali Kota Malang sebagai tuan rumah.

Dalam pernyataan, ia menyampaikan apresiasi kepada segenap peserta pawai yang telah mengharumkan nama Tarakan di panggung Rakernas APEKSI tahun 2017 ini.

“Terima kasih kepada segenap pihak yang terlibat, semoga kerja keras bersama ini dapat semakin mengenalkan Tarakan Kepada masyarakat luar” ungkap Sofian Raga. (Bonar Sahat)
 
Top