N3 Payakumbuh - Even pacu kuda yang berlangsung di gelanggang kubu gadang selama 2 hari 2 sampai 3 Juli 2017  berlangsung meriah.

Antusias para penonton tampak dengan tumpah ruahnya penonton memenuhi tribun dan area di sekeliling gelanggang pacuan.

Yang berbeda kali ini adalah dengan tidak ada satupun tenda pedagang di tengah lapangan. Kontras sekali dengan even pacu kuda terdahulu. Sekarang pandangan penonton ke sekeliling gelanggang sudah leluasa.

" Ndeh, syukurlah, olah nampak dek ambo kudo balari di gelanggang Pacuan Kubu Gadang  Luak Limopuluah ko", ujar Hasan (48) warga Tabek Simabua Tanah Datar.

"Kalau dulu di tangah lapangan panuah dek tenda pedagang. Kudo nan bapacu hanyo nampak kutiko inyo lewat hadapan awak sajo", tambahnya.

Ketua pelaksana pacuan kuda M. Arief Malano mengatakan bahwa panitia alek nagari pacuan kuda lebaran cup 2017 sekarang berkomitmen untuk melaksanakan even ini dengan berkaca dari pengalaman masa lalu.

"Sudah jadi pameo umum kalau alek pacuan kuda di Payakumbuh tidak memuaskan karena pandangan penonton terhalang karena banyaknya tenda tenda pedagang dengan berbagai ukuran memenuhi bagian tengah lapangan", terang Arief Malano, didampingi sekretaris Wal Asri Dt. Paduko Nan Sati serta bendahara Wirman Putra Dt. Rajo Mantiko Alam dan Aspon Dedi.

"Sekarang kita akan komit begitupun nanti panitia di tahun mendatang agar senantiasa  menjadikan alek pacuan kuda di Payakumbuh ini menjadi menarik dengan berbagai inovasi dan penataan untuk kepuasan penonton", tutupnya. (Rahmat Sitepu)

Cuplikan Berita

 
Copyright © Nusantaranews All Right Reserved