N3, Solsel ~ Dua Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Solok Selatan, kembali dapatkan predikat penilaian Akreditasi Madya dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI. Dengan demikian, Solok Selatan telah miliki tiga Puskesmas berpredikat Akreditasi Madya.

Kepala Dinas Kesehatan Solok Selatan, Novirman mengatakan, kedua Puskesmas tersebut yakni Lubuk Gadang dan Abai. Sebelumnya, pada tahun 2016, ada satu Puskesmas yang mendapatkan predikat yang sama yakni, Puskesmas Bidar Alam.

Penilaian akreditasi 2017 oleh Komisi Akreditasi Kemenkes RI ini, terang Novirman, merupakan penilaian pada tahun ke dua. Yang diikuti lima Puskesmas yaitu, Puskesmas Lubuk Gadang, Abai, Muara Labuh, Pakan Salasa dan Mercu. Dan hasil penilaian yang telah keluar baru dua Puskesmas yakni, Puskesmas Lubuk Gadang dan Abai.
"Menurut informasi yang kita dapatkan, untuk tiga Puskesmas yang telah mendapatkan penilaian masih menunggu hasil dari Komisi Akreditasi Kemenkes RI," jelasnya.

Pada 2016, ada tiga Puskesmas yang telah terakreditasi yakni, Puskesmas Bidar Alam akreditasi Madya, Talunan akreditasi Dasar dan Puskesmas Pakan Raba'a akreditasi Dasar.
"Pada 2018 mendatang, kita tengah mempersiapkan Puskesmas Lubuk Ulang Aling untuk mengikuti penilaian akreditasi," katanya.

Dia menambahkan, penilaian akreditasi untuk Puskesmas ini sangat penting. Jika Puskesmas tidak mendapatkan akreditasi dari Kemenkes RI. Pihak BPJS juga tidak bisa bekerja sama dengan Puskesmas.
"Selain itu, dengan akreditasi mutu dan pelayanan Puskesmas tersebut dipastikan akan meningkat. Sesuai prosedur dan petunjuk dari akreditasi itu," katanya. (dky)
 
Top