N3, Padang ~ Untuk mempererat hubungan tali silaturahim, antar jurnalis muslim, pagi ini yayaaan Al Almanarah Al Islamiyah Foundation menggelar kegiatan simposium perdana dengan peserta dari jurnalis media Cyber, Elektronik, dan media cetak disalah satu hotel di Kota Padang.


Dalam kesempatan itu, sebagai pembicara Syekh Dr. Ahmed Bin Bahahp menjelaskan bahwa peranan media massa dalam kebangkitan sebuah bangsa maupun umat, sangat besar. Karena  dengan media massa, kita dapat membangun opini publik dan bisa merubah pola pikir masyarakat. 

Iapun bercerita tentang peran media massa pada zaman Firaun. Pada zaman firaun media massa yang dipergunakan adalah tukang tukang sihir, dimana pada saat itu yang mempunyai pengaruh sangat besar bagi masyarakat dan kerajaan.

Begitu pula pada zaman Rasulullah, ada dua media atau sarana yang dipergunakan Rasulullah menyampaikan kebenaran. Pertama dengan mendatangi tempat tempat ramai, seperti warung dan pasar.  Dan Kedua, mempergunakan Syair yang indah.

Pada saat sekarang, tentu media atau sarana yang dipakai untuk mempengaruhi masyarakat atau umat dalam suatu negara lebih maju dan jauh berbeda pada zaman dahulu. Karena kemajuan teknologi membuat masyarakat lebih mudah mendapatkan informasi secara cepat.

Oleh karena itu kita harus bertanggungjawab terhadap content atau berita yang kita suguhkan ke tengah masyarakat. Karena nantinya kita akan berdiri dihadapan Allah untuk mempertanggungjawabkan apa yang telah kita sampaikan ke publik.

Sebab kata kata yang disampaikan kepada publik akan dapat menjatuhkan suatu bangsa atau membangkitkan suatu bangsa. Maka dari itu, sampaikanlah suatu informasi dengan bahasa yang baik dan ditulis dengan akhlak yang juga baik.


Biodata Syekh Dr. Ahmed Bin Bahahp
Direktur program pembentukan pengadaan ilmiah
Diretur umum program persiapan kepemimpinan dakwah kepemudaan
Anggota Ilmiah pengkajian Alqur'an di Arab Saudi
Anggota Hisbah di Arab Saudi.



Cuplikan Berita

 
Copyright © Nusantaranews All Right Reserved