N3 Payakumbuh - 1000 orang fuqara (fakir) menerima bantuan zakat konsumtif dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) kota Payakumbuh menjelang sepekan akhir Ramadhan 1438 Hijriyah.

Acara penyerahan yang dilakukan di lima lokasi secara bersamaan, dihadiri Walikota Payakumbuh yang diwakili oleh Kepala Bagian Kesra, Ipendi Muis di salah satu lokasi di Mushalla Baiturrahman Sawah Padang, Sabtu (17/6).

Selain dihadiri Kabag Kesra, acara penyerahan  yang dipusatkan di Sekretariat Baznas Sawah Padang tersebut, dihadiri pula oleh Ketua BAZNAS H. Mismardi BA, Kabag Protokoler dan Dokumentasi H. Firdaus dan sejumlah tokoh masyarakat, jamaah, dan warga penerima zakat.

Dalam sambutannya, Kabag Kesra Ipendi, memberikan apresiasi yang tinggi atas kinerja dan program kegiatan yang dilakukan oleh Baznas Kota Payakumbuh.

"Kami sangat mengapresiasi dengan program yang dilakukan Baznas, seperti program pemberian zakat berupa bantuan konsumtif ini", ucap Ipendi.

 Kabag Ipendi juga menghimbau kepada para penerima zakat ini, untuk memanfaatkannya kepada hal-hal yang memang diperlukan untuk keperluan sehari-hari.

"Gunakanlah uang ini untuk keperluan yang benar-benar dibutuhkan, jangan menghabiskannya untuk beli hp, pulsa, apalagi untuk bayar tagihan kredit motor. Belilah kebutuhan penting lainnya, seperti beli beras dan lauk, baju dan sepatu buat anak, atau kue-kue untuk hari raya nanti", himbau Ipendi.

Ditambahkan Ipendi, saat ini, dana zakat yang dikelola oleh BAZNAS sebagian besarnya berasal dari zakat yang dibayarkan ASN (PNS-red). Untuk itu Ipendi mengajak masyarakat umum lainnya untuk menyalurkan zakat atau infaknya ke BAZNAS.

"Kita mengajak dan menghimbau kepada masyarakat seperti para pengusaha untuk menyalurkan zakat serta infaknya ke BAZNAS", ajak Ipendi.

Sementara itu Kepala BAZNAS kota Payakumbuh, H. Mismardi yang turut memberikan sambutannya mengatakan bahwa pada Ramadhan 1438H ini, BAZNAS membagikan bantuan zakat konsumtif kepada 1000 orang yang tergolong fakir, penerima bantuan tersebar di lima kecamatan dengan besaran yang dibagikan yaitu Rp 500 ribu.

"Ke-1000 orang penerima dana zakat ini mendapatkan masing-masing Rp. 500 ribu , dan tersebar di lima kecamatan yaitu di kecamatan Payakumbuh Barat sebanyak 330 orang, Payakumbuh Timur 215 orang, Payakumbuh Utara 254 orang, Payakumbuh Selatan sebanyak 80 orang dan di kecamatan Lamposi Tigo Nagori 121 orang", terang Buya Mismardi.

Senada dengan yang disampaikan Kabag Kesra, Buya Mismardi menghimbau agar bantuan ini dimanfaatkan untuk keperluan konsumtif yang mendasar, tidak dibelikan kepada hal-hal yang mubazir.

"Kami harap, Bapak, Ibu, bisa pergunakan untuk keperluan hari raya nanti", ajak Buya Mismardi.
Diakhir sambutannya Buya Mismardi kembali mengajak para penerima zakat untuk mendoakan kebaikan bagi para muzakki (pemberi zakat), pemimpin, kota Payakumbuh dan kaum muslimin.

"Mari bersama-sama kita mendoakan mereka agar Allah Taala melimpahkan rahmat dan karunianya kepada kita semua", pungkas Buya Mismardi yang di-aminkan Kabag Kesra Ipendi.(****)

Cuplikan Berita

 
Copyright © Nusantaranews All Right Reserved