N3 TARAKAN - Dalam memperingati Hari Pancasila, Seluruh personel Lantamal XIII melaksanakan Upacara Hari Lahir Pancasila untuk pertama kalinya yang bertempat di lapangan Mako Lantamal XIII Tarakan.

Inspektur Upacara dalam Upacara memperingati Hari kesaktian Pancasila Komandan Pangkalan Utama TNI AL XIII (Danlantamal XIII) Laksamana Pertama TNI Ferial Fachroni, bertindak selaku Komandan Upacara Mayor Laut (KH) Paslan, SH. dan Perwira Upacara Lettu Laut (PM) Riden Samosir dengan susunan pasukan terdiri dari Peleton Pamen, Peleton Pama, peleton gabungan Bintara dan Tamtama dan terakhir adalah peleton ASN Lantamal XIII. Turut hadir pada upacara Asops, Asrena, Aspers dan Aslog Danlantamal XIII.

Pada waktu yang sama Wadan Lantamal XIII Kolonel Marinir Muhammad Nadir beserta Kasatkom, Kadispotmar, Kepala RSAL ilyas Tarakan dan 1 Peleton personel Lantamal XIII melaksanakan Upacara Hari Lahir Pancasila di Pemerintah Kota Tarakan.

Pelaksanaan upacara Hari Lahir Pancasila di Mako Lantamal XIII, Danlantamal XIII membacakan amanat Presiden Republik Indonesia yang pada awal amanatnya, presiden menyatakan bahwa hari ini adalah penyelenggaraan Upacara peringatan hari lahir Pancasila untuk yang pertama kalinya.

"Upacara ini meneguhkan Komitmen kita agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," Jelas Ferial

Ferial menambahkan Pancasila merupakan haasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan Ir. Sukarno, Piangam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945 adalah jiwa besar para faunding fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh plosok nusantara sehingga kita membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita.

" Jika dilihat sejarah hari lahir Pancasila, setelah Penaikan bendera merah putih, pembacaan Pancasila dilanjutkan pembacaan Keputusan Presiden republic Indonesia Nomor 24 tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila yang menetapkan pertama pada tanggal 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila Kedua Tanggal 1 Juni merupakan hari libur nasional, Ketiga Pemerintah bersama komponen bangsa dan masyarakat Indonesia/ memperingati Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 juni, Keempat Keputusan Presiden ini berlaku pada tanggal ditetapkan," Jelas Ferial

Dengan ketetapan tersebut Ferial menjelaskan Ketetapan i pada tanggal 1 Juni 2016 merupakan hari kesaktian Pancasila dan menumbuhkan rasa Nasionalisme pada NKRI. "Selamat Hari Lahir Pancasila. Kita Indonsia, Kita Pancasila. Semua anda Indonesia, Semua anda Pancasila. Saya Indonesia, Saya Pancasila" terang Ferial Menutup (Bonar Sahat)

 
Top