N3, Payakumbuh - Pendidikan anak usia dini (PAUD) berfungsi sedari awal membentuk karakter dan akhlak anak dalam mewujudkan generasi emas (golden age) dikemudian hari. Hal ini terungkap saat Kepala Dinas Pendidikan, AH. Agustion dalam sambutannya pada kegiatan buka bersama yang digelar di kediaman rumah Dinas Walikota, Jln. H. Rasuna Said, Kubu Gadang.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut DR. Hj. Henny Yusnita selaku tuan rumah sekaligus Ketua Himpunan Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini (HIMPAUDI) beserta seluruh pengurus, Bunda PAUD, hadirin dan undangan lainnya.

Ditambahkan Agustion ada tiga hal yang harus menjadi perhatian dalam pembinaan karakter anak.

“Ke depan, Ada 3 hal yang mesti difokuskan dalam pembinaan karakter anak, yaitu sopan santun, disiplin serta kerja keras atau daya juang. Ketiga hal ini merupakan wujud relevan dengan kegiatan PAUD, yaitu pada kegiatan parenting sehingga dengan kegiatan tersebut mampu memberikan pendidikan karakter pada anak”, pesan Agustion.

Agustion juga berharap, ke depannya PAUD di Payakumbuh agar menjadi lebih baik dalam mendidik anak usia dini.

“Kita patut bersyukur, Alhamdulillah untuk tahun 2018, anggaran sudah tersedia untuk HIMPAUDI dan bunda PAUD. Semoga ke depannya, kita semua mampu mendidik generasi yang baik yang kita cita-citakan dikemudian hari”, harap Kadis Pendidikan yang baru saja dilantik beberapa minggu lalu.

Kegiatan buka bersama ini merupakan kegiatan penutup dari rangkaian acara rapat yang digelar HIMPAUDI bersama bunda PAUD sejak siang harinya. Kegiatan rapat tersebut bertujuan menyampaikan penjabaran program kerja dari masing-masing bidang, diantaranya bidang organisasi, humas, ekonomi serta bidang penelitian pengembangan (litbang).

Sahrul, selaku wakil ketua HIMPAUDI mengaku, masing-masing bidang memiliki program jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Program-program yang dipaparkan ini lah yang akan dilaksanakan kepengurusan HIMPAUDI ke depan yang baru saja dilantik beberapa waktu yang lalu.

“ Kegiatan rapat pemaparan program kerja masing-masing bidang yang digelar dari tadi siang Merupakan rapat pertama yang baru digelar sejak kepengurusan HIMPAUDI periode 2017-2021 dilantik beberapa waktu yang lalu. Masing-masing bidang memiliki program kerja baik jangka pendek, menengah maupun jangka panjang. Masukan dan saran akan menjadi pertimbangan dalam penyempurnaan program kerja HIMPAUDI lima tahun ke depan “, ujar Sahrul.

Kemudian, Sahrul juga menyebutkan untuk program jangka pendek akan mulai dilaksanakan September mendatang.

“Pada bidang organisasi pendataan seluruh PAUD beserta peserta didik merupakan program Jangka pendek yang akan segera dilaksanakan. Bidang Humas memberikan informasi seputar PAUD dalam penguatan organisasi HIMPAUDI dan bunda PAUD. Sedangkan di bidang ekonomi direncanakan pendirian koperasi Cerdas Ceria, dan di bidang litbang akan dilaksanakan diklat berjenjang dimulai dari tingkat dasar, lanjut, dan akhir pada bulan September mendatang.”, ujar Sahrul.

Cuplikan Berita

 
Copyright © Nusantaranews All Right Reserved