98 RTLH Payakumbuh Terima Bantuan Perumahan

N3 Payakumbuh - Sebanyak 98 unit rumah tidak layak huni (RTLH) di Kecamatan Payakumbuh Timur, mendapatkan program bantuan perumahan swadaya dari pemerintah kota Payakumbuh. Pemberian bantuan yang diserahkan oleh Walikota Riza Falepi secara simbolis diadakan di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Padang Alai.

Acara penyerahan yang disaksikan oleh Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Marta Minanda, Camat Payakumbuh Timur L. Kefrinasdi, sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), Kabid Perumahan Dinas PRKP, Tegra S, Lurah, tokoh masyarakat, alim ulama, LPM, warga calon penerima bantuan dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya Walikota Riza Falepi mengapresiasi atas kinerja Dinas PRKP dan bersyukur atas terwujudnya acara penyerahan bantuan. “Kami sangat apresiasi atas program dari Dinas PRKP dan bersyukur akhirnya penyerahan bantuan dapat terlaksana pada hari ini”, kata Walikota Riza Falepi.

Dikatakan Walikota, terkait program pembangunan yang termaktub dalam visi misi Walikota, program pengentasan kemiskinan menjadi prioritas utama.

“Peningkatan kesejahteraan masyarakat terutama dari kalangan ekonomi lemah sangat diutamakan, banyak program yang telah dan sedang kita laksanakan, salah satunya adalah  bantuan peningkatan kualitas hunian masyarakat.

Karena masih banyak rumah yang belum masuk kategori layak untuk tempat tinggal, dan berkualitas baik itu fisik maupun dari sudut pandang kesehatan. Untuk itu perlunya pembenahan dan perbaikan dari berbagai sisi, seperti konstruksi bangunan lantai, dinding, langit-langit, atap, dan sebagainya.

Dan kita akan berupaya untuk menekan secara signifikan jumlah RTLH dalam beberapa tahun mendatang ”, terang Walikota.

Diakhir sambutannya Walikota menghimbau supaya pemanfaatan bantuan ini dipergunakan dengan sebaik-baiknya. “Mari kita manfaatkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya agar rumah dan hunian kita menjadi baik, layak, sehat, dan berkuliatas”, harap Wako mengakhiri.

Sementara itu Kadis PRKP Marta Minanda didampingi Kabid Perumahan Tegra S, menginformasikan, Payakumbuh adalah salah satu dari 5 (lima) daerah yang mendapatkan bantuan rumah swadaya di propinsi Sumatera Barat dari pemerintah pusat.

“Dari 19 kabupaten dan kota di Sumatera Barat hanya 5 (lima) daerah yang mendapatkan bantuan rumah swadaya ini. Kelima daerah tersebut antara lain Kabupaten Limapuluh Kota, Kabupaten Padang Pariaman, Kota Solok, Kota Pariaman dan Payakumbuh sendiri”, ungkap Marta.

Ditambahkan Marta, keberhasilan Payakumbuh mendapatkan bantuan ini dikarenakan adanya faktor keseriusan pemerintah daerah dalam menangani permasalahan pengentasan kemiskinan dari segi kelayakan hunian masyarakatnya.

“Dan program ini merupakan rangsangan kepada masyarakat untuk bersama-sama secara gotong royong dan swadaya sendiri dalam upaya meningkatkan kualitas huniannya”, sebut Kadis PRKP Marta Minanda.

Selanjutnya Marta mengatakan, berdasarkan data nasional masih terdapat 3,4 juta unit RTLH di Indonesia. Sementara di Payakumbuh sendiri masih ada sekitar 2660 unit rumah tidak layak huni atau sebesar 9,3% dari total 28.436 unit rumah yang ada.

“Berkat bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah, tahun ini 317 RTLH yang tersebar di Payakumbuh mendapatkan bantuan peningkatan kualitas fisik rumah dan hunian masyarakat dan khusus di Payakumbuh Timur ini 98 unit rumah dapat bantuan swadaya.

Ke 98 unit rumah tersebut tersebar di 3 (tiga) kelurahan yaitu, Padang Alai Bodi mendapatkan 42 unit, Kelurahan Balai Jariang 14 unit dan 42 unit lagi di kelurahan Payobasuang”, pungkas Marta Minanda. (Rahmat Sitepu)
Previous Post Next Post