N3, Padang ~ Ketua Komisi III DPRD Kota Padang Sumatera Barat (Sumbar) bidang Pembangunan dan Lingkungan Hidup, Zulhardi Z.Latif, menyampaikan memang kondisi saat ini ketika terjadi hujan beberapa jam saja sudah berdampak banjir di Kota Padang.

Harapan kita tentunya permasalahan banjir ini dapat cepat teratasi. Kepada Pemko melaui Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) dapat membantu masyarakat kita yang tertimba musibah. 

"Tapi namun demikian tentu kita harus mencarikan apa sih permasalahan dan penyebab banjir tersebut.Kita berharap dalam hal ini dinas PU perlu ada kajian, dimana permasalahannya, dimana titik titik yang terjadi penyumbatan itu, " ujarnya saat dikomfirmasi melalui selulernya ,Rabu ( 31/5).


Dalam hal itu penyebabnya tentu ada, apakah ada aliran yang tersumbat sehingga mengakibatkan genangan air hingga berdampak banjir, nah kan itu yang perlu dibenahi," kata Zulhardi.

Selanjutnya disampaikan, bukan hanya drainase dan riol saja yang harus kita perbaiki, akan tetapi kita juga harus melihat ke hilir aliran tersebut. Makanya disaat banjir inilah PU bisa melihat dan turun kelapangan agar tahu permasalahannya apa penyababnya dimana tersumbatnya aliran air tersebut agar bisa dialirkan.

Selain itu dijelaskan, memang masalah banjir ini adalah pekerjaamnya BPBD dalam membantu masyarakat, akan tetapi dalam tindakan dan pemberantasan kebanjiran ini sendiri adalah tugasnya PU untuk mengkaji bagaimana masalah banjir ini bisa teratasi.

Dikatakan, dalam waktu yang cukup dekat sudah beberapa kali terjadi banjir, dan menurutnya bukan lagi permasalahan drainase, apalagi dengan ketinggian banjir ini hingga batas pinggang orang dewasa. Pasti kondisi ini ada penyumbatan penyumbatan saluran, apakah dihilir aliran sehingga air terus tergenang hingga menyebabkan banjir yang cukup tinggi. Makanya harus dibenahi dari hilir kehulu bukan dari hulu ke hilir saluran. 

"Apakah debit air nya yang tidak tertampung, saluran yang sempit atau tersembut dan sebagainya, tentu PU harus mencarikan solusinya, " ungkap politisi Golkar itu.(M7)

Cuplikan Berita

 
Copyright © Nusantaranews All Right Reserved