N3, Padang ~ Anak-anak di Kelurahan Batang Arau, Kecamatan Padang Selatan nampak ramai dan gembira. Senin (15/5), mereka meneriakkan yel-yel literasi. 

Tetapi tidak bagi Azkia (2,8 tahun). Balita ini hanya diam tanpa ekspresi. Hanya bergelayut di pundak ibunya sambil melihat anak-anak lain gembira. Wajah sebelah kanannya nampak bengkak. "Kenapa wajahnya?," tanya Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo sambil mengelus pundak Azkia.

 "Bengkak sejak umur setahun, Pak," ujar Putri, ibu Azkia. "Apa sudah dibawa berobat?," tanya Walikota kembali. "Sudah Pak, bahkan sudah berobat kampung, tapi masih belum ada perubahan," sebut Putri lagi. Wajah Azkia membengkak saat berusia setahun. Entah apa sebabnya.

Putri menyebut, awalnya wajah Azkia menghitam. Setelah itu lama-kelamaan membengkak. Bengkak mulai dari gusi, bawah mata hingga dagu. Anehnya, bengkak yang dialami Azkia hanya di bagian wajah sebelah kanan saja. "Kemarin dibawa berobat kampung, hanya yang di bawah mata sedikit kempis," tutur Putri.

Putri bukan tidak perhatian kepada anaknya. Saat terjadi pembengkakan, Putri segera membawa anaknya berobat ke Puskesmas. Setelah itu pihak Puskesmas memberi rujukan ke RS Reksodiwiryo, Ganting. Saat masuk RS Reksodiwiryo, pihak rumahsakit tak mau memeriksa Azkia.

Azkia lantas dirujuk lagi ke RS Yos Sudarso. Lagi-lagi pihak RS Yos Sudarso tak mau memeriksa Azkia.
"Orang rumah sakit Yos Sudarso tak mau, takut memeriksa, begitu juga saat di RSUP M. Djamil," terang Putri.

Melihat dan mendengar penuturan Putri, Walikota Padang pun tersentuh hatinya. Berkali-kali Mahyeldi mengusap bahu Azkia. Saat itu juga Walikota Padang menugaskan Lurah Batang Atau untuk membawa Azkia segera berobat.

"Terimakasih Pak," ujar Putri sambil menyalami tangan Walikota.Pemerintah Kota Padang selalu mengajak warganya untuk menjaga kesehatan. Bahkan sejumlah Puskesmas di Padang mampu menampung setiap keluhan pasien. Apalagi saat ini setiap warga sudah dibekali kemudahan dalam berobat melalui BPJS.(Charlie)
 
Top