N3, Payakumbuh - Tim Penilai Kelurahan berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat yang dipimpin Supriyadi, tiba di Kota Payakumbuh. Kedatangan tim yang berjumlah 12 orang itu disambut Sekdako Beni Warlis, Asisten I Yoherman, Asisten II Amriul Dt. Karayiang dan Kabag Pemerintahan Setdako Atur Satria di Balaikota Bukik Sibaluik.

Usai acara di Balikota, selanjutnya Tim Penilai Propinsi menuju ke lokasi yaitu Kelurahan Payobasuang, Kecamatan Payakumbuh Timur, Sambutan hangat dan meriah oleh ratusan warga diiringi tari galombang serta disuguhi sirih jo carano yang dibawakan oleh putra putri setempat, dan tak lupa mars bundo kanduang turut memeriahkan kegiatan tersebut.

Di lokasi acara tampak  hadir Walikota Payakumbuh diwakili Asisten I Yoherman, Asisten II Amriul Dt.Karayiang, Staf Ahli Walikota, Ketua TP-PKK Kota Payakumbuh Ny.Heny Riza Falepi,  sejumlah pimpinan SOPD, Camat Payakumbuh Timur Kefrinaldi, Anggota DPRD Edwar DF, Ketua KAN Payobasuang Dt.Tan Mamat Nan Kayo, Lurah Payobasung Irwan Suwandi, S.IP, Ketua LPM, PKK Kecamatan dan Kelurahan, Ninik mamak, Bundo Kanduang, Tokoh masyarakat setempat dan generasi muda lainnya.

Asisten I Yoherman dalam sambutannya menyebutkan keberhasilan Kelurahan Payobasuang pada saat ini setelah melalui proses yang panjang.

“Melalui penilaian tingkat Kecamatan Payakumbuh Timur hingga berhasil dan ditetapkan mewakili Kota Payakumbuh ke tingkat Propinsi”, ujar Assisten I Yoherman.

Lebih jauh Yoherman juga mengungkapkan rasa bangga atas semangat dan partisipasi masyarakat di Payobasung yang cukup tinggi dalam membantu program pemerintah kelurahan.
“Berkat dukungan dan swadaya masyarakat banyak inovasi yang dilakukan diantaranya Gerakan Seribu Payobasung, Pengomposan Sampah Rumah Tangga, Gerakan Magrib Mengaji dan lainnya, maka tidaklah heran Kelurahan Payobasuang yang dipimpin Lurah Irwan Suwandi menjadi terbaik”, simpul Yoherman. 

Sementara itu Lurah Payobasuang Irwan Suwandi dalam eksposenya antara lain menjelaskan keberhasilan kelurahan mewakili Payakumbuh adalah berkat adanya kebersamaan. “Dukungan secara terpadu, tanpa adanya dukungan dan kerjasama itu tidak akan mungkin maju ketingkat Sumbar”, ujar Irwan Suwandi.

Selain itu Lurah Irwandi juga menyebutkan bahwa untuk mewujudkan semua keberhasilan itu, diawali dengan Visi dan misinya dan segala potensi yang ada di Kelurahan. “ Semua potensi dikelola dengan baik dan melahirkan sejumlah ide-ide untuk berinovasi dalam melaksanakan semua kegiatan tersebut”, sebut Irwan.

Dan akhirnya Lurah Irwandi berharap pada Tim penilai kiranya Kelurahan Payobasung menjadi terbaik Sumbar tahun ini.

Begitu pula Ketua Tim Penilai Supriyadi, ketika memberikan sambutannya menjelaskan tujuan dilaksanakan lomba kelurahan berprestasi tersebut adalah sebagai evaluasi jalannya roda pemerintahan di kelurahan. “Lomba ini merupakan salah satu bentuk evaluasi perkembangan  penyelenggaraan pemerintahan Kelurahan serta pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat”, jelas Supriyadi.

Dibagian lain Supriyadi juga mengaku puas dan sangat senang dengan penyambutan dari warga Kelurahan Payobasung yang begitu meriah dan semarak sehingga terlihat kekompakan masyarakatnya yang saling bahu membahu. “Mudah-mudahan Kelurahan Payobasuang akan keluar menjadi terbaik Sumbar tahun ini”, ujarnya.(Rahmat Sitepu)

Cuplikan Berita

 
Copyright © Nusantaranews All Right Reserved