N3 Tarakan - Hujan yang turun selama beberapa jam di kota tarakan tidak menyulutkan semangat peserta ratusan Gowes Nusantara berlangsung di datu adil dimulai pukul 07.00. (14/5).

Acara Gowes Pesona Nusantara 2017 yang dilepas Sekretaris Provinsi (Sekprov) Kalimantan Utara (Kaltara) H Badrun di Stadion Datu Adil Tarakan, Minggu pagi tadi sempat meragukan acara tersebut karena beberapa daerah di kota tarakan digenang banjir.

Acara yang di buka oleh Kemetrian pemuda dan olahraga RI Adiaty Nurdin, bertujuan agar budaya bersepeda di cintai masyarakat, dan olah raga lainnya semakin diminati agar terbentuk masyarakat yang sehat baik jasmani dan rohani.

Serketaris Provinsi Kalimantan Utara Badrun dalam kesempatan ini sangat mengapresiasikan dengan terpilihnya Kalimantan Utara, dengan Kota Tarakan sebagai salah satu titik etape Gowes Pesona Nusantara 2017.

Menurutnya dengan terpilihnya kota Tarakan sebagai salah satu titik awal Rute Gowes Pesona Nusantara karena merupakan salah satu daerah yang berhadapan langsung dengan 3 negara Asia Temggara.

“Sebagai salah satu provinsi di Tapal Batas, Provinsi Kalimantan Utara menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas terpilihnya Kaltara yang menjadi salah satu titik etapet Gowes Pesona Nusantara 2017 ini,” jelas Badrun.

Dalam Gowes Pesona Nusantara juga diawali dari titik nol Indonesia yaitu Sabang, Nangroe Aceh Darusalam (NAD) dan secara serentak bergulir di kota-kota yang menjadi titik terdepan Indonesia, yakni, Banda Aceh, Aceh Besar, Atambua, Merauke, Tarakan merupakan salah satu Kota yang berhadapam langsung dengan 3 negara diantaranya Malaysia, Brunai Darusalam dan Fillpihina.

Badrun juga berpesan kepada seribuan peserta untuk nelakukan acara dengan tertip serta dapata menjalin kerjasam dan persatuam sesama peserta gowes.

“Kepada peserta Gowes saya berharap kita ikuti acara ini sesuai dengan jadwal dan dapat menjalin persaudaraan sesama peserta kedepannya, ini olah raga yang akan kita galakkan kedepannya semoga ini menjadi bukti awal bahwa Kaltara merupakan salah satu profinsi yamg berbatasan langsung dengan 3 negara Asia Tenggara bisa melaksanakn even nasional. " Terang Badrun

Menurut rencana Rute Gowes yang terdiri dari 90 etape dibuat melewati destinasi-destinasi wisata, seni dan budaya unggulan di setiap kota, 15 peserta utama nantinya akan menyusuri rute sepanjang kurang lebih 5000 kilometer ke 90 kabupaten kota seluruh Indonesia kegiatan gowes ini ditargetkan akan berakhir di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah saat peringatan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS), 9 September 2017 mendatang. (Bonar Sahat)
 
Top