Presiden Jokowi Terima Gelar Adat Kapiteng Lau Pulo

N3, Kalsel - Pada hari kedua kunjungannya di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengikuti upacara penobatan gelar adat “Kapiten Lau Pulo’, di Tugu Pantai Pagatan, tepi Pantai Pagatan, Tanah Bumbu, Kalsel, Minggu (7/5) pagi.

Dalam penobatan yang dilakukan oleh Ketua Lembaga Adat Tanah Bumbu Burhansyah itu, Presiden Jokowi menerima pengalungan kain adat dan penyematan ikat pinggang, yang merupakan bagian dari penobatan gelar adat ini.

Usai prosesi gelar adat, Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana berjalan ke arah dermaga Pantai Pagatan Tanah Bumbu untuk menyerahkan persajian serta menyaksikan dan melepas secara langsung kapal-kapal yang akan dilarung dalam prosesi “Melarung”.

Usai melarung kapal di dermaga, Presiden langsung menuju ke lokasi acara puncak Budaya Maritim Pesta Laut “Mappanretasi” Kabupaten Tanah Bumbu 2017.

Saat berjalan dari dermaga usai prosesi melarung, Presiden tak lupa untuk menyapa warga yang antusias menyambut kedatangannya di tepi Pantai Pagatan.

Dalam acara pagi ini, Presiden didampingi oleh Ibu Iriana Jokowi, serta Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor beserta Istri. (FID/AGG/ES)
Previous Post Next Post