Penantian 60 Tahun Masyarakat Halmahera Bertemu Presiden

N3, Maluku ~ Enam puluh tahun lamanya masyarakat Desa Tepeleo, Kecamatan Patani Utara, Kabupaten Halmahera Tengah, Maluku Utara menanti kehadiran Presiden Republik Indonesia. Senin, 8 Mei 2017, penantian itu terjawab dengan kehadiran Presiden Joko Widodo.
 
Sebenarnya hingga sebelum acara di Pelabuhan Tapaleo dimulai keraguan masih menghinggapi warga Desa Tepeleo. “Kami semua ragu-ragu karena ini desa kecil untuk kehadiran seorang Presiden,” ucap Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba.
 
Keraguan lainnya, lanjut Gani, adalah buruknya cuaca. Awan yang pekat telah menyelimuti langit Ternate sejak pagi.
 
Saat memberikan sambutan pada peresmian tersebut,  seperti tertulis dalam rilis Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Presiden menceritakan perjalanannya dari Kalimantan Selatan.
 
“Saya tadi pagi masih di Kalimantan Selatan, masih di Banjarmasin jam 8.00 WITA. Diberitahukan, Pak, kelihatannya nanti hanya sampai Ternate,” ucap Presiden.
 
Bahkan diperkirakan awannya di Ternate juga sangat gelap. “Kemungkinan juga Bapak tidak bisa ke Halmahera Di sana juga awannya sangat pekat sekali,” ujar Presiden menirukan stafnya mengingatkan kondisi cuaca.
 
Presiden memutuskan untuk tetap berangkat ke Ternate. Setelah menjalani penerbangan selama hampir tiga jam, Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo tiba di Ternate.
 
“Sampai di sini (Ternate). Alhamdulillah turun dari pesawat juga, awannya sudah sedikit membaik, tapi yang penting kita turun (mendarat) pesawatnya,” ujar Presiden.
 
Saat tiba di Ternate, Presiden kembali bertanya tentang kemungkinan keberangkatan ke Tapaleo. “Ini masih agak tebal awannya kurang baik, jadi makan siang dulu,” kata Presiden.
 
Presiden dan Ibu Iriana bersama rombongan santap siang bersama terlebih dahulu. Setelah santap siang kembali dirinya bertanya tentang cuaca. “Kelihatannya sudah lebih baik,” kata Presiden.
 
Akhirnya Presiden memutuskan untuk berangkat ke Kabupaten Halmahera Tengah. “Bismillah berangkat ke sini dan bisa mendarat dengan baik. Ini semua atas izin Allah, kalau enggak tadi mungkin hanya sampai di Ternate aja, enggak jadi ke Halmahera Tengah,” ucap Presiden.
 
Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba menyampaikan apresiasinya kepada Presiden Jokowi. “Terimakasih banyak Bapak Presiden. Memberikan inspirasi besar, bahwa negeri ini terlalu besar. Dengan tekad dan niat yang kuat akhirnya menjawab keraguan semua orang,” ujar Gani.
 
Presiden Jokowi merupakan Presiden Republik Indonesia kedua yang menginjakkan kakinya di Halmahera Tengah setelah Presiden Sukarno pada tahun 1957.  “Mereka histeris menyambut Presiden Jokowi, karena kegembiraan rakyat di negeri yang kecil ini,” ucap Gani. (Humas Kemensetneg)
Previous Post Next Post