N3, Jakarta ~  Kota Padang menjadi tuan rumah Musabaqah dan Multaqa Du'at pada 10-21 Juli 2017 ini. Pemrakarsa kegiatan tersebut, Pemerintah Kota Padang bekerjasama dengan Yayasan Al Manarah Al Islamiah menggelar soft launching Musabaqah dan Multaqa Du'at di Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta, Senin (8/5) malam. 

Soft launching dihadiri Dubes Arab Saudi Usamah As Syuaibi, Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo, serta Pimpinan Yayasan Al Manarah Arab Saudi Khalid Hamudi. "Kita harapkan peserta semakin banyak yang mendaftar,’’ terang Walikota Padang, malam itu.

Musabaqah dan Multaqa Da’i yang diselenggarakan di Padang merupakan agenda ketiga sepanjang digelarnya kegiatan ini. Kegiatan tersebut bertemakan ‘Persatuan Umat, Berjuta Berkah Untuk Kota Padang’.

Dipilihnya Padang sebagai penyelenggara karena berbagai hal. Salah satunya karena visi dan misi Kota Padang sebagai kota religius, serta kondisi pariwisata Padang yang terus meningkat. Apalagi Padang( Sumatera Barat) telah ditunjuk sebagai ‘Destinasi Wisata Halal Dunia’.

Selain itu, Padang selama ini telah menjadi salah satu tempat kunjungan bagi wisatawan dunia. Agenda besar berskala nasional maupun internasional kerap dilangsungkan di Padang. Namun, kegiatan dibidang keagamaan berskala internasional belum dilaksanakan di Padang.

"Diharapkan, dengan Musabaqah Multaqa Du’at semakin memperkokoh ikatan hubungan Arab Saudi dengan Minang, karena sejak dahulu hubungan antar kedua daerah ini sudah terjalin baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya dua ulama besar dari Minang yang menetap di Arab Saudi dan menjadi tokoh agama yakni Ahmad Khatib, serta Yasin di Padang," papar Majelis.

Musabaqah dan Multaqa Da’i diikuti lebih kurang 300 peserta yang diawali dengan lomba tahfiz dan hadis untuk tingkat anak-anak serta dewasa. Kegiatan ini terbagi ke dalam dua lomba, yakni Musabaqah, serta Multaqa.

Perlombaan Musabaqah dilaksanakan pada 10-13 Juli bertempat di Asrama Haji Tabing. Sedangkan Multaqa dilangsungkan di Grand Inna Muara Hotel Padang pada 17-20 Juli 2017 yang pembukaannya direncanakan di Masjid Raya Sumbar.

Lomba tersebut memperebutkan hadiah umroh besertatrophy dan uang pembinaan. Lomba diperuntukkan bagi anak-anak dan dewasa. Tahfidz Hadis melombakan Hadis Umdatul Ahkam, Luk Ul Marjan, dan juga Hadis Isnul Muslim. Di akhir acara Musabaqah dan Multaqa Du’at di Padang akan ditandatanganiprasasti persatuan umat Islam untuk dunia.(Charlie / Tafrizal / Yurizal)

Cuplikan Berita

 
Copyright © Nusantaranews All Right Reserved